'Hall of Fame' untuk O'Neal, Iverson dan Yao Ming

Selasa, 5 April 2016 11:46 WIB
Editor: Irfan Fikri
 Copyright:

Selain nama-nama di atas, ada juga pemilik dan ketua Chicago Bulls Jerry Reinsdorf juga akan diabadikan, sedangkan sosok-sosok lain akan mendapat penghargaan yang antara lain adalah wasit NBA Darrell Garretsn, John McLendon, pelatih Afrika-Amerika pertama dalam bolabasket profesional, dan mantan bintang Zelmo Beaty dan Cumberland Posey.

Nama O’Neal terpilih setelah rekor 15 kali terpilih masuk All-Star NBA. Ia menjadi MVP untuk tiga final NBA, merebut empat gelar NBA, dan MVP NBA pada 2000.

Ia juga salah satu dari bintang-bintang pertama yang meraih sukses di luar basket dengan menjadi bintang iklan dan tampil di layar lebar.

Sedangkan Allen Iverson terpilih karena produktifitasnya. Mantan point-guard Philadelphia Sixers ini rata-rata mampu mencetak 26,7 point meski hanya bertinggi badan 1,82 meter.

Iverson telah 11 kali gabung All-Star NBA. Pemain berjuluk "The Answer" ini adalah rookie terbaik, memenangi empat gelar pencetak poin dan menjadi MVP NBA 2001, meski harus kalah saat membela Sixers di final NBA melawan LA Lakers yang saat itu diperkuat O’Neal.


 Yao Ming

Pemain lain yang dapat penghargaan adalah pemain asal China Yao Ming. Pemain jangkung andalan Houston Rockets dikenal karena membuka pintu bagi bintang-bintang Asia untuk berkarier di NBA.

Namun  karir Ming berakhir lebih cepat karena cedera pada kakinya. Dia rata-rata menciptakan 19 poin, 9,2 rebound, dan 1,9 blok pada setiap satu perandingan dalam delapan musim, namun hanya bermain lima kali pada dua musim terakhirnya.

Pemberian penghargaan Hall of Fame akan diselenggarakan pada 9 September nanti di Springfield, Massachusetts, Amerika Serikat.

2