Final NBA

(REVIEW) Bungkam Warriors, LeBron James Bawa Cavaliers Juara

Senin, 20 Juni 2016 09:43 WIB
Editor: Yohanes Ishak
 Copyright:

Kuarter pertama

Sejak tip off kuarter pertama, tensi permainan langsung memanas, baik Cavaliers maupun Warriors sama-sama menurunkan tempo yang cepat dan keras.

Penggemar kedua tim pun sempat dibuat tegang di tribun penonton Oracle Arena melihat tim kesayangan mereka yang saling balas-berbalasan angka. Pada kuarter satu, The Cavs mampu unggul tipis atas tuan rumah dengan skor 23-22.

Kuarter kedua

Memasuki pertengahan laga, tim jawara dari wilayah masing-masing ini semakin tinggi, duel fisik pun tak terhindarkan, hingga beberapa pelanggaran pun kerap terjadi.

Pada laga ini, mega bintang dari kedua tim, LeBron James dari Cavaliers dan Stephen Curry milik Warriors mulai menunjukkan kelasnya. Aksi merekalah yang membuat para suporter kian bergemuruh.

Kuarter dua ini Warriors mampu memegang kendali permainan dengan baik, sehingga mereka berhasil mengembalikan kedudukan menjadi 49-42.


LeBron James (kanan/Cavaliers) dijaga ketat oleh Stephen Curry (Golden State Warriors).

Kuarter ketiga

Usai turun minum, Warriors sempat mendominasi jalannya pertandingan, namun hanya selang beberapa menit, beberapa pergerakkan dari pemain lawan, seperti LeBron James, Kyrie Irving, dan Tristan Thompson mampu menjadi pembeda.


Aksi Kyrie Irving (kanan/Cavaliers) harus dijaga oleh Klay Thompson (Warriors).

Cavaliers pun akhirnya berhasil melakukan serangan balik dan kembali mengembalikan kedudukan serta mampu mendominasi jalannya pertandingan.

Sayang keunggulan mereka tak berlangsung lama, memasuki menit akhir di kuarter ketiga, Warriors mampu bangkit melalui Stephen Curry, Andre Iguodala, dan Harrison Barnes. Tuan rumah pun kembali mempertahankan keunggulan mereka di kuarter ketiga ini dengan skor tipis 76-75.

Kuarter keempat

Pada kuarter terakhir ini, pertandingan semakin memanas, pada menit pertama tim tamu mampu unggul dan melewati Warriors.

Kedua tim juga sempat menurunkan tempo permainan mereka demi menjaga stamina dan mengantisipasi jika pertandingan harus dilanjutkan ke babak overtime atau perpanjangan waktu.

Selang beberapa menit menjelang pertengahan laga, barulah kedua tim kembali memanas dan kembali menyuguhkan jual-beli serangan, balas-berbalasan angka dengan selisih satu poin saja.

Tepat di menit ke-7 terakhir, Stephen Curry mampu menyamakan kedudukan dengan brilian melalui aksi khasnya, 3points-shots sehingga membuat tribun penonton Oracle Arena semakin bergemuruh.

Aksi Curry ini ternyata memberikan semangat bagi Warriors yang memberikan tekanan untuk tamunya, sementara The Cavs juga masih tak mau kalah dengan membalas serangan tersebut.

Memasuki 5 menit terakhir, kedua tim sama-sama terlihat tegang, hal itu terlihat dari beberapa usaha mereka yang tak mampu membuahkan hasil saat skor sama kuat 89-89.

Hingga akhirnya, kemenangan pun berhasil didapati oleh Cleveland Cavaliers dengan skor 93-89 melalui aksi 3points-shots dari Irving di satu menit terakhir dan free thows dari James. Gelar ini merupakan yang pertama untuk mereka di sepanjang sejarah NBA.

47