Pebasket Cantik Ini Buat Petisi Hapus Larangan Memakai Hijab di Basket

Jumat, 26 Agustus 2016 12:23 WIB
Editor: Tengku Sufiyanto
 Copyright:

Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) telah mengeluarkan kebijakan untuk melarang setiap pebasket wanita memakai hijab. Peraturan tersebut tercantum di Pasal 4 tentang Tim, poin 4.4 tentang Perlengkapan Lainnya.

"4.4.2. pemain tidak boleh memakai perlengkapan (benda-benda) yang dapat menyebabkan pemain lain cedera, antara lain tutup kepala, aksesoris rambut dan perhiasan," tulis FIBA dalam situs resminya.

Kebijakan FIBA tersebut mendapat perlawanan keras dari para pebasket wanita yang memakai hijab. Tak kecuali pebasket wanita profesional Indonesia, Raisa Aribatul Hamidah.

Raisa membuat sebuah petisi untuk FIBA agar menghapus larangan pemakaian hijab di dunia basket internasional. Petisi yang dibuat wanita berumur 26 tahun itu langsung populer di media sosial. Hal itu bisa dilihat ketika Petisi Raisa diposting oleh sebuah media sosial untuk perubahan sosial dunia, Change.org.


Petisi Raisa Aribatul Hamidah yang dipopulerkan Change.org

Media Sosial tersebut membuka sebuah kolom tanda tangan untuk mendukung Petisi Raisa. Hingga saat ini, Petisi Raisa sudah ditandatangani 33.024 ribu orang dari target 150 ribu orang.

Sebagai catatan, hal yang dilakukan Raisa adalah bentuk kepedulian mahasiswa S2 salah satu universitas negeri di Kota Surabaya tersebut terhadap olahraga basket.

Ditambah lagi, pebasket yang bermain di Liga Profesional Basket di Indonesia itu pernah mengalami pengalaman pahit ketika harus menghadapi sejumlah peraturan larangan berhijab di kancah basket nasional.

Raisa pernah dicoret dari timnas junior basket Indonesia pada tahun 2008, lantaran dirinya tetap mempertahankan untuk memakai hijab.

446