NBA

Miami Heat Pensiunkan Nomor Punggung 32 Milik Shaquille O'Neal

Kamis, 24 November 2016 13:33 WIB
Editor: Gerry Anugrah Putra
 Copyright:

Shaquille O'Neal mendapatkan penghargaan tak ternilai dari Miami Heat. Pada 22 Desember mendatang, pihak klub berencana untuk memensiunkan jersey 32 milik O'Neal.

Peresmian tersebut akan diadakan pada laga Heat melawan Los Angeles Lakers bulan depan. Rencananya, akan digelar upacara saat jeda half time untuk memensiunkan jersey nomor 32 milik Shaq, panggilan akrab O'Neal.

Selain upacara peresmian, acara tersebut juga akan diisi oleh video presentasi dari presiden Heat, Pat Riley dan pengibaran jersey serta banner bernomor 32 milik O'neal. Shaq akan menjadi pemain ketiga yang dipensiunkan jerseynya oleh Heat setelah Alonzo Mourning dan Tim Hardaway.

Penghargaan yang diberikan Heat ternyata bukan yang pertama kalinya untuk O'Neal. Sebelumnya, eks tim nya LA Lakers telah terlebih dahulu memensiunkan Jersey nomor 34 milik O'Neal pada 2013 lalu.

Selama 19 musim kariernya di NBA, Shaq tercatat pernah membela Heat selama empat musim. Bermain sejak 2004 setelah didatangkan dari Lakers, Shaq turut membantu eks timnya tersebut meraih gelar perdananya di NBA pada musim 2006. Jika ditotal, Shaq telah mengoleksi empat cincin juara NBA. Satu bersama Heat, dan tiga bersama LA Lakers.

O'Neal dikenal sebagai pemain yang kerap bergonta-ganti tim. Sebelum bermain di Heat, Shaq sempat bermain untuk Orlando Magic dan LA Lakers. Setelahnya, O'Neal memilih berlabuh di Phoenix Suns, Cleveland Cavaliers sebelum mengakhiri 19 musim kariernya di NBA bersama Boston Celtics pada 2011. 

Penulis: Muhammad Adiyaksa