NBA

Houston Rockets Resmi Pensiunkan Nomor Punggung Yao Ming

Sabtu, 4 Februari 2017 15:41 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

Nomor punggung 11 milik Yao Ming resmi dipensiunkan dalam seremoni selama jeda turun minum pertandingan Houston Rockets melawan Chicago Bulls. Pebasket bertinggi badan 2,29 meter ini mencetak rata-rata 19,2 poin dan 9 rebound selama membela Rockets.

Ia pun menjadi ikon basket yang mendunia bagi NBA. Pada 2011, Yao terpaksa pensiun karena kerap terbelit cedera kaki.


Yao Ming dalam acara penghormatan yang digelar oleh mantan klubnya, Houston Rockets.

"Saya ingat pertama kali menonton pertandingan NBA, tiba-tiba kamera secara acak menyorot jersey yang telah dipensiunkan. Setelah baca-baca, saya akhirnya tahu bahwa itulah penghargaan tertinggi bagi seorang pebasket dan timnya. Hari ini, saya akan bertanya pada diri sendiri, apa cerita di baliknya," beber Yao, seperti dikutip Yahoo Sports.

"Saya harap orang-orang melihat jersey tersebut dan mengingat kisah di baliknya, bukan hanya tentang saya, tetapi juga tim dan lawan saya. Kami membuat kisah ini bersama, seperti halnya jersey lain yang membuat kisah (untuk kami)," lanjut Presiden Klub Shanghai Shark ini.

Mantan rekan Yao Ming seperti Tracy McGrady, Dikembe Mutombo, dan Shane Battier, turut hadir dalam acara tersebut. Para pemain legenda Rockets pun tak ketinggalan, seperti Hakeem Olajuwon, Clyde Drexler, dan Calvin Murphy.

Nomor punggung Yao adalah nomor keenam yang diistirahatkan oleh Rockets. Sebelumnya ada nomor punggung milik Drexler (22), Moses Malone (24), Murphy (23), Olajuwon (34), dan Rudy Tomjanovich (45).