Indonesian Basketball League

Berkat Playmaker Asing, Aspac Jakarta Tuntaskan Dendam

Sabtu, 11 Maret 2017 08:05 WIB
Editor: Hendra Mujiraharja
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Salah satu pemain Aspac Jakarta sedang beraksi. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Salah satu pemain Aspac Jakarta sedang beraksi.

Setelah sempat dikalahkan pada pertemuan pertama, Aspac Jakarta akhirnya berhasil membalasnya dalam lanjutan Indonesian Basketball League (IBL) seri Yogyakarta, Jumat (10/03/17) kemarin. Berkat performa pemain asingnya, Aspac berhasil mengalahkan NSH Jakarta dengan skor 102-75.

Playmaker asing Dominique Williams tampil gemilang dalam laga yang berlangsung di GOR UNY, Yogyakarta tersebut. Pemain yang akrab disapa Dom tersebut berhasil mencatat 40 poin, tujuh assists, dan empat rebounds.

Pelatih Aspac Jakarta, Antonius Ferry Rinaldo pun memuji performa pebasket asal Amerika Serikat tersebut. Bahkan, menurut pelatih yang akrab disapa Inal itu, seandainya rekan setim dia mampu memanfatkan peluang yang diciptakannya, Dom bisa membuat double-double.

"Dom bisa mencatat double-double jika umpan-umpannya bisa dieksekusi dengan baik oleh rekan-rekannya," ujar Inal usai pertandingan, sebagaimana diberitakan Antara.

Guard andalan Aspac Jakarta berusaha mencetak poin.

Selain Dom, Pringgo Regowo yang mendekati perolehan poin Dom, dengan 17 angka, sembilan rebounds dan tiga assists. Salah satu faktor kemenangan Aspac karena mampu membendung pergerakan pemain asing NSH Jakarta, Gary Jacobs.

“Strategi kami mematikan Gary Jacobs berhasil. Paling tidak jangan sampai Gary membuat poin dengan mudah,” kata Inal.

Taktik itu cukup berhasil Jacobs tidak bisa bergerak leluasa. Meski demikian, pemain asing andalan NSH itu masih mampu mencetak 24 poin. Nate Barfield jadi top skor bagi NSH dengan menghasilkan 30 poin dan 13 rebounds.

Perjuangan untuk menuju play-off dari Divisi Putih memang cukup sengit. Pasalnya, Hangtuah Sumatera Selatan, NSH Jakarta, dan Pacific Surabaya masih sama-sama berpeluang untuk lolos.

Sementara untuk Aspac Jakarta, meraih kemenangan atas NSH adalah langkah bagus mempertahankan posisi tiga besar. Saat ini, mereka menjadi pemuncak klasemen sementara Divisi Putih dengan 20 poin, di atas Pelita Jaya EMP Jakarta di posisi kedua dengan 18 poin.

Berikutnya di Seri VII, Aspac akan bertemu Hangtuah Sumsel, Minggu (12/03/17). NSH sendiri bersua dengan Pacific Caesar, Sabtu (11/03/17).