NBA

Triangle Offense, Strategi yang Besarkan Nama Bulls dan Lakers

Sabtu, 11 Maret 2017 10:44 WIB
Editor: Hendra Mujiraharja
© Getty Images
Presiden Operasional Phil Jackson perkenalkan strategi triangle offense ke para pemain New York Knicks. Copyright: © Getty Images
Presiden Operasional Phil Jackson perkenalkan strategi triangle offense ke para pemain New York Knicks.

Di era 1990 hingga 2000an, strategi triangle offense begitu menggema di dunia basket NBA. Ada satu orang pelatih yang berhasil memperkenalkan taktik itu. Siapa lagi kalau bukan Phil Jackson.

Strategi itu berhasil membantu Lakers dan Bulls meraih gelar juara. Total, sebanyak 11 cincin juara yang sukses direngkuh oleh Phil Jackson bersama kedua tim.

Jackson memang sudah tidak lagi menjadi seorang pelatih. Namun, pria berusia 71 tahun tersebut berusaha memperkenalkan taktik tersebut kepada para pemain New York Knicks.

Salah satu bintang andalan New York Knicks, Carmelo Anthony.

Ya, saat ini Jackson memang menjabat sebagai Presiden Operasional Knicks. Dia hanya berusaha menularkan ilmunya ke anak asuh Jeff Hornacek tersebut berlatih.

“Dia melatih guard kami. Dia hanya memperlihatkan beberapa hal dalam menggunakan taktik triangle offense,” kata Hornacek, sebagaimana diberitakan ESPN.

Tentu, banyak orang yang heran dengan keputusan Jackson untuk membantu melatih para pemain Knicks. Menurut Hornacek, Jackson sudah memperkenalkan taktik itu selama satu bulan.

“Ini tentu menjadi sebuah keuntungan bagi pemain kami. Jadi, mereka bisa mempelajari dan menyimpan ilmu itu di kepala mereka. Tapi, saya tidak tahu apakah kami akan menggunakannya tahun ini atau tahun depan,” ujarnya.

Playmaker andalan New York Knicks, Derrick Rose sedang berlatih.

Shooting guard Knicks, Sasha Vujacic mengaku sangat senang kembali mendapatkan ilmu dari Jackson. Vujacic merupakan salah satu mantan anak asuh Jackson saat masih memperkuat Lakers.

“Jujur, rasa sangat luar biasa. Kami diajari hal yang benar. Kami diperkenalkan beberapa hal yang kami tidak ketahui,” kata Vucacic.

“Jadi, mereka belajar bagaimana dasar permainan, bagaimana bekerja sama dan membuka ruang. Hal dasar semacam itu,” lanjutnya.