SEA Games 2017

Tanpa Klub, Dua Pemain Naturalisasi Tetap Jajal Seleksi Timnas Basket Indonesia

Sabtu, 18 Maret 2017 06:27 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

Pada Agustus 2017 mendatang, Indonesia akan menjadi salah satu peserta ajang multi event SEA Games 2017 di Malaysia. Sejumlah persiapan pun sudah dilakukan beberapa cabang olahraga, diantaranya seperti yang dilakukan Timnas Basket Indonesia yang kini sedang melakukan seleksi pemain.

Dalam proses seleksi ini, pelatih Timnas Basket, Wahyu Hidayat Jati ternyata turut menyertakan sejumlah pemain naturalisasi. Memang dalam ajang SEA Games 2017 ini setiap negara dipersilahkan satu pemain naturalisasi dalam jajaran skuatnya.

Uniknya, dari sejumlah pemain naturalisasi yang ikut seleksi, ada dua orang yang tercatat saat ini tidak memiliki klub. Mereka adalah Jamarr Andre Johnson dan Anthony Hangrove Jr.

Meski tidak memiliki klub, Wahyu tetap menyeleksi dua pemain tersebut lantaran sudah memiliki jam terbang di kompetisi Indonesian Basketball League (IBL).

"Mereka tetap di tim seleksi karena sebelumya sudah bermain di liga dan memiliki statistik," kata Wahyu seperti dikutip dari Antara.

Sejatinya Indonesia memiliki tiga pemain naturalisasi yang tengah menjalani seleksi. Selain nama Jamarr dan Hangrove juga terdapat nama Ebrahim Enguio Lopez.

Jamarr masuk dalam salah satu pemain naturalisasi Timnas Basket Indonesia.

Namun, Ebrahim dicoret dari daftar pemain seleksi Timnas karena tidak bermain di klub manapun pasca-terganjal aturan Liga Bola Basket Indonesia (IBL) 2017 tentang kuantitas pemain asing dalam satu tim. Hangrove sempat membela Aspac sampai Seri V IBL di Bandung sebelum ditukar dengan Dominique Williams.

Sementara Jamarr diganti oleh CLS jelang Seri VIII atau seri terakhir IBL 2017 karena dianggap tidak menampilkan kualitas terbaiknya di tim.

"Karena masih bermain di beberapa laga di liga, kami menganggap mereka masih punya kesempatan membela tim nasional," pungkas pelatih yang akrab disapa Cacing tersebut.

Timnas basket putra sendiri direncanakan kembali menggelar pemusatan latihan (TC) pada Mei 2017 demi meraih target berada di peringkat dua besar di Kejuaraan Asosiasi Bola Basket Asia Tenggara (SEABA) 2017, yang digelar pada 12-18 Mei 2017 di Filipina.