Megahnya Stadion Baru Kings Undang Sambutan Hangat Netizen

Minggu, 26 Maret 2017 16:26 WIB
Penulis: Frederica | Editor: Arum Kusuma Dewi
© SACRAMENTO KINGS
Golden 1 Center. Copyright: © SACRAMENTO KINGS
Golden 1 Center.

Klub basket NBA, Sacramento Kings telah membuka stadion baru mereka pada Oktober 2016 lalu. Perubahan stadion dari klub basket itu mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat luas.

Stadion bernama Golden 1 Center yang dibangun di Ibu Kota Sacramento, California ini memakan biaya hingga 600 juta poundsterling atau sekitar Rp9,9 triliun. Banyaknya biaya yang dikeluarkan dalam pembangunan stadion ini dikarenakan adanya penggunaan teknologi canggih.

image article indosportTampak luar Golden 1 Center, stadion baru tim Sacramento Kings.

Salah satu fitur yang menarik ialah adanya penggunaan tenaga surya sebanyak 100 persen, yang mana listrik menggunakan pemanfaatan dari sinar matahari. Selain itu, ada pula sistem teknologi dalam hal internet. Penyediaan Wi-Fi gratis di arena tersebut tergolong sangat cepat. Para pengunjung bisa mem-posting 250 ribu gambar di Instagram dalam kurun waktu satu detik.

Selain itu, stadion juga dilengkapi dengan monitor video 4K Ultra HD, yang merupakan teknologi canggih pertama untuk ajang NBA.

Kemegahan dan teknologi canggih yang diperlihatkan ke masyarakat luas ini juga tidak terlepas dari campur tangan sang pemilik, Vivek Ranadive. Pebisnis asal India ini memutuskan untuk menjadi pemilik Sacramento Kings setelah meninggalkan tim lamanya, Golden State Warriors.

Tentu, apa yang ditunjukkan oleh Golden 1 Center ini mengundang perhatian banyak netizen dan juga media di Amerika. Tidak terkecuali pula beberapa klub dari Liga Primer Inggris, yang menyempatkan diri untuk berkunjung ke Sacramento guna melihat keistimewaan stadion tersebut.

Bahkan, artis papan atas seperti Ed Sheeran, Lady Gaga, dan juga Ariana Grande dikabarkan akan menggunakan stadion itu untuk melakukan konser.

image article indosportPajangan berupa karya seni yang menghiasi Stadion Golden 1 Center.

Dalam ajang pertandingan Kings kontra San Antonio Spurs pada Oktober 2016 lalu merupakan laga pertama mereka di rumah baru. Komisaris NBA, Adam Silver yang turut hadir dalam pertandingan itu menuturkan rasa kagumnya pada bangunan megah tersebut.

“Ini akan menetapkan standar baru untuk arena saat ini, bukan hanya di liga tetapi di seluruh dunia,” ujarnya.

Presiden Sacramento Kings, Chris Granger menuturkan bahwa proyek pembangunan Stadion Golden 1 Center ini tidak hanya sekadar membangun stadion saja, tetapi juga untuk melakukan sesuatu hal yang lebih besar dari ajang pertandingan basket. Dan tentu saja untuk membuat Sacramento bangga.

“Kami sedang berusaha untuk melakukan hal-hal yang tidak hanya meningkatkan Kings tetapi juga meningkatkan kota. Anda datang ke sini dan tahu Anda berada di Sacramento. Dan itu tidak terjadi di banyak tempat di NBA ataupun di seluruh dunia.”

“Kami ingin melakukan hal-hal yang mencerminkan cara kita menjalankan hidup kita di Sacramento,” lanjutnya.

image article indosportArena yang terkesan terbuka dengan para fans, membuat para pengunjung bisa menyaksikan seluruh rangkaian acara.

Melihat dari hasil survei terbaru seperti yang dikutip dari The Sun, tercatat bahwa Sacramento merupakan kota yang paling diabaikan kedua di Amerika Serikat. Padahal, Sacramento merupakan Ibu Kota California. Namun para pengunjung lebih tertarik untuk berkunjung ke Los Angeles, San Fransisco, ataupun San Diego dibandingkan Sacramento.

Pembangunan Stadion Golden 1 Center ini diharapkan bisa menarik perhatian para pengunjung supaya datang ke Sacramento. Selain itu, diharapkan juga dapat membangun asa para pemain dari tim Sacramento Kings.

Menilik pada papan klasemen NBA musim 2016/17 ini saja, Sacramento Kings harus terpuruk di peringkat 13 Wilayah Barat karena menelan kekalahan sebanyak 45 dan hanya mendapat 27 kemenangan saja dari total 72 pertandingan.