NBA

(VIDEO) Bekuk Grizzlies, Warriors Gunakan Tiki Taka Barcelona

Selasa, 28 Maret 2017 02:50 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

Dalam dunia sepakbola, Barcelona merupakan salah satu klub yang dikenal denga teknik tiki takanya. Bagi Anda yang belum tahu, tiki taka adalah teknik yang ciri utamanya adalah melakukan umpan pendek yang cepat sebelum mencetak angka.

Siapa yang sangka, teknik itu ternyata juga bisa diberlakukan dalam pertandingan basket dan hal tersebut dibuktikan secara nyata oleh runner up NBA musim 2016 lalu, Golden State Warriors.

Bukti tiki taka yang dilakukan Warriors sendiri dibuktikan mereka dalam lanjutan NBA musim 2016/17 game ke-73, saat menjamu Memphis Grizzlies di markasnya sendiri, Oracle Arena.

Warriors yang sempat tertinggal tiga poin di kuarter pertama, tampil garang demi mengejar ketertinggalannya di kuarter kedua. Saat mereka tinggal berselisih satu poin saja dari tim tamu, Stephen Curry mengambil inisiatif untuk mencoba masuk ke wilayah pertahanan Grizzlies.

Namun bukannya berusaha menerobos, Curry secara cerdik memberi operan ke Matt Barnes, yang juga melakukan gerakan tipuan seolah-olah mau melakukan tembakan, padahal ia kembali memberi umpan kepada Klay Thompson.

Thompson yang berada di posisi tanpa penjagaan pun dengan mudah melakukan tembakan tiga angka yang langsung membuat kedudukan menjadi 54-52 untuk keunggulan Warriors.

Pada pertandingan itu sendiri, Warriors pada akhirnya berhasil membuat para penggemarnya bahagia setelah memenangkan pertandingan dengan skor akhir 106-94.