Indonesia Calonkan Diri Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Basket 2023

Jumat, 5 Mei 2017 15:07 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Hendra Mujiraharja
© INDOSPORT/ Ratno Prasetyo
Presiden Asosiasi Bola Basket Asia Tenggara (SEABA), Erick Thohir. Copyright: © INDOSPORT/ Ratno Prasetyo
Presiden Asosiasi Bola Basket Asia Tenggara (SEABA), Erick Thohir.

Pertemuan para anggota Federasi International Basketball Federation (FIBA) untuk membahas program kerja empat tahunan tengah berlangsung 4-5 Mei di Hong Kong. Menariknya pada kongres tersebut, Indonesia dikabarkan mencalonkan diri menjadi tuan rumah kejuaraan dunia bola basket untuk tahun 2023 mendatang.

Namun Indonesia tidak sendirian. Merah Putih berencana bergabung bersama dengan Filipina dan Jepang. Negara lain yang juga turut mencalonkan diri menjadi tuan rumah adalah Turki, Rusia serta Uruguay yang akan bergabung dengan Argentina.

Berita tersebut dikonfirmasi oleh Presiden Asosiasi Bola Basket Asia Tenggara (SEABA), Erick Thohir. Pria yang juga merupakan anggota Central Board FIBA tersebut menyatakan sedang berusaha mewujudkan agar Indonesia bisa menggelar kejuaraan dunia basket bersama dua negara lainnya, Filipina dan Jepang.

“Kongres FIBA kali ini sangat antusias dengan adanya terobosan baru dan mengenai pencalonan Indonesia sebagai tuan rumah kejuaraan dunia bersama Filipina dan Jepang,” ujar pemilik Inter Milan itu.

Bukan tanpa dasar Thohir sangat optimistis. Pasalnya, Indonesia pernah dipercaya FIBA menjadi tuan rumah kejuaraan basket antar klub Asia pada tahun 2009 lalu.Kala itu kejuaraan berlangsung sukses di Britama Arena, Kelapa Gading, Jakarta.

Selain itu, perhelatan Asian Games 2018 mendatang yang juga mempertandingkan cabang bola basket akan menguji kemampuan Indonesia menjadi tuan rumah yang baik. 

“Tentunya akan dipersiapkan segala sesuatunya yang terbaik agar usulan ini dapat terwujud," sambungnya, dalam rilis yang diterima INDOSPORT, Jumat (05/05/17).