(VIDEO) Gunakan Model Seksi, Iklan Basket Wanita di Argentina Tuai Kontroversi

Rabu, 10 Mei 2017 15:53 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© thesun.co.uk
Iklan basket wanita di Argentina menggunakan seorang model seksi. Copyright: © thesun.co.uk
Iklan basket wanita di Argentina menggunakan seorang model seksi.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memopulerkan sesuatu. Salah satunya adalah dengan membuat sebuah iklan berbentuk video yang bisa diputar di berbagai media seperti televisi dan aplikasi media sosial.

Hal tersebut ternyata dilakukan oleh kompetisi basket wanita tertinggi di Argentina, La Liga Feminina yang baru saja mengeluarkan sebuah iklan untuk mempromosikan kompetisi mereka ke seantero dunia.

Sayangnya, dibanding mendapat sambutan meriah, iklan tersebut justru menuai kontroversi di masyarakat, yang banyak mengeluarkan kritik pedas ketimbang pujian. Tentu muncul pertanyaan mengapa hal itu bisa terjadi?

Ternyata kontroversial itu muncul lantaran iklan promosi tersebut lebih memilih menggunakan seorang model bertubuh seksi, ketimbang pebasket wanita asli.

Dalam iklan itu, model yang digunakan juga jarang melakukan trik basket selain sekadar memantulkan bola ke lantai. Hal tersebut pun dianggap membuat orang bingung apakah ini iklan kompetisi basket atau iklan produk olahraga tertentu.

Salah satu fans basket di Argentina bernama Cecilia Guitharte mengaku iklan tersebut sama sekali tidak menggambarkan kompetisi basket wanita Argentina yang tengah mengalami perkembangan bagus.

"Sebagai seorang wanita dan pencinta basket, saya sama sekali tidak suka dengan tipe-tipe publikasi seperti ini untuk memperkenalkan kompetisi basket," ujar Cecilia seperti dikutip dari The Sun.

"Ini seperti sebuah propaganda untuk membeli sepatu baru dengan model bertubuh sempurna, ketimbang undangan untuk menyaksikan pertandingan basket wanita yang sesungguhnya," pungkasnya.