NBA

Pecahkan Rekor Sang Idola, LeBron Sampaikan Penghormatan untuk Michael Jordan

Sabtu, 27 Mei 2017 15:41 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© twitter@NBA
Cleveland Cavaliers (LeBron James) vs Boston Celtics Copyright: © twitter@NBA
Cleveland Cavaliers (LeBron James) vs Boston Celtics

LeBron James melewati rekor Michael Jordan sebagai pencetak poin terbanyak dalam sejarah NBA dengan torehan 5.995 poin di postseason. LeBron melewati rekor 5.987 poin milik sang idolanya itu saat membawa Cleveland Cavaliers mengalahkan Boston Celtics, Jumat (26/05/17) lalu.

Pebasket kelahiran Ohio ini pun menumpahkan penghormatan dalamnya kepada Jordan melalui kata-kata. Ia mengaku memilih angka 23 sejak awal kariernya sebagai tanda kekaguman terhadap idolanya itu.

"Pertama, saya menggunakan angka (23) karena Mike. Saya jatuh cinta dengan basket karena Mike, hanya karena melihat apa yang mampu ia raih. Namun saya merasa Mike seperti, Anda tahu, saat Anda bertumbuh dan menyaksikan Michael Jordan, ia nyaris seperti tuhan. Jadi saya tak pernah menyangka saya bisa menjadi seperti Mike," tuturnya seperti dikutip The Undefeated.

"Jadi saya mulai fokus pada diri sendiri karena saya tak pernah menyangka bisa mencapai titik di mana Mike pernah berada. Jadi saya rasa itu membantu membentuk gaya permainan saya. Dan hal terbesar adalah, duduk di sini setelah memecahkan rekor poin terbesar di sejarah play-off, saya hanya menjadi diri sendiri."

"Saya tak perlu mencetak poin untuk membuat efek di laga basket dan itulah mindset saat saya mulai bermain basket. Jika saya tak mencetak poin, bagaimana saya bisa membuat efek dalam pertandingan? Hal itu yang membawa saya ke titik ini dan sepanjang sisa karier saya karena mencetak poin bukan agenda nomor satu saya," lanjutnya.

LeBron mencetak rekor ini setelah 14 tahun sejak ia bertemu sang idola untuk pertama kalinya, tepatnya pada 8 April 2003. Saat itu, LeBron masih berusia 18 tahun dan bersekolah di St. Vincent-St. Mary saat ia menggunakan angka 23, menyamai nomor jersey Jordan. Dua bulan setelah pertemuan itu, LeBron dipilih Cavaliers dan lanjut mengenakan angka 23 hingga saat ini.