Basket Putri Indonesia Kibarkan Merah Putih di Malaysia

Minggu, 28 Mei 2017 22:47 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Rilis Perbasi
Tim Basket Putri Indonesia U-18 berhasil merebut gelar juara di Malaysia. Copyright: © Rilis Perbasi
Tim Basket Putri Indonesia U-18 berhasil merebut gelar juara di Malaysia.

Prestasi membanggakan berhasil diraih Tim Basket 3x3 Putri Indonesia U-18 dalam ajang FIBA 3x3 U18 Asia Cup 2017, yang berlangsung di Cyberjaya, Malaysia sejak Jumat (26/05/17) hingga Minggu (28/05/17).

Tim yang diperkuat oleh Lea Kahol, Michelle Kurniawan, Nathania Claresta Orville, dan Valencia Pramono tersebut berhasil keluar sebagai juara. Hasil tersebut didapat usai kemenangan 13-6 dari tuan rumah Malaysia.

Sebelumnya, di babak semifinal sendiri, Tim Basket Putri Indonesia telah lebih dulu menyingkirkan salah satu kandidat juara, yakni China dengan skor tipis 19-16.

Keberhasilan Miechelle dkk itu pun mendapat pujian dari Ketua Umum Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi), Danny Kosasih.

© Rilis Perbasi
Caption Copyright: Rilis PerbasiIndonesia berhasil mengalahkan Malaysia dengan skor 13-6.

"Kami menyambut gembira keberhasilan Indonesia menjadi juara dalam ajang FIBA U-18 3x3 ini. PP Perbasi memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kerja keras mereka," tutur Kosasih seperti dikutip dari rilis yang diterima INDOSPORT.

"Ini adalah awal yang bagus untuk bola basket U 18 Indonesia. Tahun lalu kita bisa naik level. Sekarang di level 3x3 kita bisa menjadi juara. Sekali lagi selamat untuk kerja keras dan perjuangan penuh semangat mereka," tambah Kosasih menjelaskan.

Sayangnya, kesuksesan tim basket putri tersebut, tidak mampu disusul oleh wakil nomor putra. Bergabung dalam grup D bersama Cina dan Taiwan, Indonesia menempati peringkat juru kunci di grup akibat dua kekalahan 8-21 dari Taiwan dan 10-21 dari Cina.