(FOTO) Gila, Sepatu Bekas Jordan Dibeli hingga Miliaran Rupiah

Selasa, 13 Juni 2017 19:19 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© scpauctions.com
Michael Jordan dan sepatu bekas miliknya. Copyright: © scpauctions.com
Michael Jordan dan sepatu bekas miliknya.

Bagi para pencinta basket, tentunya nama Michael Jordan bukanlah sosok yang asing lagi. Berkat aksi-aksinya ketika aktif sebagai seorang pebasket, Jordan menjadi salah satu alasan olahraga basket mulai diminati banyak orang. Tidak hanya di Amerika Serikat, tapi juga seluruh negara di dunia.

Kiprah Jordan yang tergolong sangat sukses di olahraga basket itu pun membuat setiap benda yang pernah digunakannya menjadi memiliki nilai tersendiri.

Baca Juga

Tidak jarang banyak orang yang rela mengeluarkan dana lebih untuk bisa mendapatkan berbagai barang yang pernah dipakai oleh pria kelahiran 17 Februari 1963 tersebut.

© espn.com
Sepatu converse milik Michael Jordan. Copyright: espn.comSepatu yang pernah digunakan Michael Jordan.

Contohnya seperti yang terjadi baru-baru ini. Dilansir dari ESPN, sepatu bekas Jordan bermerek Converse laku terjual dengan harga 190.372 USD atau sekitar Rp2,5 miliar dalam sebuah situs pelelangan online pada Minggu (11/06/17) lalu.

Sepatu yang memiliki lambang bintang itu sendiri digunakan oleh Jordan ketika dirinya memperkuat Timnas Basket Amerika Serikat di Olimpiade 1984 dalam laga melawan Timnas Basket Spanyol di partai final.

© Sneaker News
Timnas basket Amerika Serikat. Copyright: Sneaker NewsMichael Jordan dan Timnas Basket Amerika Serikat.

Dalam pertandingan tersebut, Amerika berhasil meraih kemenangan 96-62 dan Jordan berkontribusi dengan menyumbangkan 20 angka.

Usai pertandingan, Jordan menandatangani sepatu tersebut dan diserahkan kepada salah satu ball boy, yang kebetulan anak kandung legenda basket Amerika, Gail Goodrich.

Harga sepatu final Olimpiade 1984 itu sendiri berhasil melewati rekor penjualan barang bekas Jordan sebelumnya, yakni sepatu yang ia gunakan di Final NBA 1997.

© scpauctions.com
Caption Copyright: scpauctions.comBukti sepatu bekas Michael Jordan dihargai hingga Rp2,5 miliar.

Sepatu yang didominasi warna merah dan hitam itu pada 2013 lalu laku terjual dengan harga 104 USD atau sekitar Rp1,3 miliar. Sepatu itu sendiri menjadi mahal lantaran menjadi bukti nyata kejadian Jordan Flu Game.