Dua Nomornya Dipensiunkan, Kobe Bryant Layak Disebut Legenda

Rabu, 20 Desember 2017 18:18 WIB
Penulis: Alfia Nurul Fadilla | Editor: Abdurrahman Ranala
 Copyright:

Tanggal 18 Desember 2017 lalu menjadi hari yang bersejarah bagi pebasket asal Amerika Serikat, Kobe Bryant. Senin malam waktu Amerika Serikat, dilakukan perayaan dipensiunkannya nomor punggung Kobe.

Kobe didampingi langsung oleh keluarganya menghadiri acara ini. Bagi dirinya, Los Angeles Lakers merupakan klub terpenting di perjalanan karier Basketnya.

© Getty Images
Kobe Bryant Jersey Retirement. Copyright: Getty ImagesKobe Bryant Jersey Retirement.

Selama bermain di Lakers, Kobe memakai nomor punggung 8 dan 24. Nomor 8 dikenakan di awal kariernya, sementara nomor 24 baru berubah di musim 2006/2007 lalu.

Tahun 1996 adalah tahun pertamanya bersama Lakers. Kemudian Kobe menghabiskan dua dekade bersama Lakers.

Mempensiunkan kedua nomor miliknya ini dinilai cukup adil bagi para pecinta Basket. Kobe yang sudah mencantumkan namanya di daftar Legenda Basket dunia dinilai pantas mendapatkan apresiasi ini.

© Getty Images
Kobe Bryant Jersey Retirement. Copyright: Getty ImagesKobe Bryant Jersey Retirement.

Pebasket yang idolakan klub asal Spanyol, Barcelona ini memang miliki prestasi yang gemilang. Di tahun 2006, Kobe pernah cetak 81 poin sendirian dalam satu pertandingan.

Loyalitas terhadap klubnya juga patut di acungi jempol. Kobe pernah merasakan gelar juara NBA bersama Lakers lima kali, yaitu di tahun 2000, 2001, 2002, 2009, dan 2010.

Ia juga pernah mencetak 12 kali three point dalam satu laga pada tahun 2003 Itu tercatat sebagai jumlah terbanyak di sejarah NBA, setara dengan legenda basket lainnya, Stephen Curry.