Inilah Jadwal Playoff IBL 2017/18 dan Para Tim yang Bertanding

Selasa, 27 Februari 2018 14:24 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
 Copyright:

Kompetisi basket tertinggi di Tanah Air Indonesia Basketball League telah menyelesaikan seri terakhir di babak reguler. Seri 8 IBL telah diselenggarakan pada 23-25 Februari lalu di GOR Bima Sakti, Malang, Jawa Timur. 

Setelah menyelesaikan delapan seri pertarungan yang melelahkan dan menguras tenaga, enam tim memastikan diri melaju ke babak playoff. Keenam tim tersebut adalah Pelita Jaya, Stapac Jakarta, dan Pacific Caesar dari Divisi Putih. Sedangkan dari Divisi Merah akan diwakili oleh Satria Muda Pertamina, Garuda Bandung, dan Hangtuah Sumsel. 

Sistem playoff musim 2017/18 ini tak jauh berbeda dengan sistem di IBL 2016/17 lalu. Untuk babak playoff, tim peringkat 1 masing-masing Divis akan langsung menuju semifinal, sedangkan peringkat 2 dan 3 masing-masing Divisi akan bertemu di babak pertama playoff terlebih dahulu.

Pada babak pertama playoff ini, tim peringkat 2 dari masing-masing divisi mendapatkan 3 home game. Sedangkan system home-away akan diberlakukan pada semifinal dan final dengan format away-home-home. Tim dengan peringkat lebih tinggi akan mendapatkan jatah home game lebih banyak.

Babak pertama playoff Divisi Merah akan diadakan pada 2, 3 dan 5 Maret 2018 di C-Tra Arena Bandung. Pertarungan antara tuan rumah Garuda Bandung melawan Hangtuah Sumsel akan tersaji pada babak pertama playoff Divisi Merah tersebut. 

© iblindonesia
Jadwal Playoffs IBL Indonesia. Copyright: iblindonesiaJadwal Playoff IBL 2017/18.

Babak pertama playoff Divisi Putih akan diadakan pada 9, 10 dan 12 Maret 2018 di DBL Arena, Surabaya. Meski bermain di Surabaya, pada dasarnya Stapac Jakarta lah yang menjadi tuan rumah dari laga ini. Karena Stapac Jakarta finis di posisi kedua klasemen Divisi Putih, diatas Pacific Caesar.