x

Layaknya Michael Jordan, 4 Bintang NBA Ini Juga Bisa Dibuatkan Film

Selasa, 5 Mei 2020 19:39 WIB
Editor: Yohanes Ishak
Pemain bintang LA Clippers, Kawhi Leonard (kiri) berduel dengan bintang LA Lakers, LeBron James.

INDOSPORT.COM – Belum lama ini, legenda basket NBA milik Chicago Bulls, Michael Jordan telah merilis film dokumenter tentang dirinya.

Harus diakui jika seluruh penggemar basket bahkan bukan tak mungkin penyuka olahraga lainnya tentu banyak yang penasaran dan tertarik untuk menyaksikannya.

Wajar saja, pasalnya selama masih aktif bermain Michael Jordan memang memiliki daya tarik yang mampu menyedot perhatian banyak orang agar menyukai olahraga basket.

Hal ini juga terjadi pada junior yang juga merupakan salah satu rival dari Jordan, yakni alm. Kobe Bryant.

Baca Juga
Baca Juga

Sama seperti Michael Jordan, saat masih aktif bermain, Kobe Bryant juga mampu membuat olahraga basket banyak diminati oleh sejumlah kalangan.

Tak heran saat kematiannya pada akhir Januari 2020 lalu menggemparkan dunia basket, bahkan hingga seluruh cabang olahraga di planet bumi ini turut merasakan kehilangannya.

Situasi inilah yang membuat sejumlah pihak berencana untuk membuatkan Kobe Bryant film dokumenter yang serupa seperti Michael Jordan.

Dua pebasket legenda NBA, Kobe Bryant dan Michael Jordan.

Meski banyak pebasket berlabel bintang yang muncul di NBA, namun harus diakui jika Michael Jordan dan Kobe Bryant bagaikan ikon di olahraga basket.

Hal yang sama juga terjadi pada era modern masa kini, di mana ada empat pebasket yang mampu membuat olahraga basket, khususnya NBA menjadi tetap hidup dan masih digemari oleh banyak orang.

Siapa sajakah mereka? Berikut ulasannya:

Kawhi Leonard

Kawhi Leonard, bintang basket LA Clippers

Bagi pencinta basket NBA sejati, sosok yang satu ini mungkin sudah cukup lama dikenal, terlebih saat dirinya melambungkan namanya bersama San Antonio Spurs dan pernah menjadi juara di tahun 2014.

Namun bagi mereka yang awam atau baru mengikuti perkembangan basket, nama Kawhi mungkin baru diketahui saat ia secara mengejutkan sukses membawa Toronto Raptors keluar sebagai juara NBA di musim 2018-2019 kemarin.

Pebasket yang akrab dipanggil Kawai ini memang terkenal cerdik dalam mencari celah, serta mempunyai tembakan yang akurat.

Tercatat, per musimnya Kawhi Leonard mampu mencetak 18,6 points, 6,4 rebounds, dan 2,7 assists per pertandingan di setiap musim.

Puncak keemasannya di tahun 2019 kemarin, di mana dirinya mampu memiliki torehan tertinggi dengan mencetak 26,9 point per pertandingan.

Tak hanya itu, pemain yang kini memperkuat LA Clippers itu juga selalu menjad motor serangan bagi tim yang ia bela.

Baik saat masih di Spurs, Raptors, maupun kini di Clippers. Pebasket yang berposisi sebagai small forward ini benar-benar piawai dalam mengalirkan serangan ke lini pertahanan lawan dengan baik.

Wajar saat transfer musim panas kemarin, banyak tim yang berminat kepadanya, tak terkecuali rival sekota timnya sekarang, LA Lakers.

Tekadnya dalam memberikan kemenangan tim yang ia bela dan semangatnya yang tinggi membuatnya layak untuk dibuatkan film di masa depan.

James Harden

James Harden, bintang basket NBA milik Houston Rockets.

Siapa yang tidak tahu dengan sosok pebasket tangguh milik Houston Rockets ini? Ciri fisiknya pun sangat mudah dikenali, yaitu janggutnya yang tebal sehingga ia pun mendapat panggilan akrab The Beard.

Dibandingkan dengan Kawhi Leonard, pemain yang berposisi sebagai shooting guard ini memang belum pernah merasakan gelar juara sama sekali.

Mengawali karier bersama Oklahoma City Thunder di tahun 2009 lalu, Harden sudah mempunyai satu gaya permainan yang menjadi ciri khasnya, yaitu cepat dan agresif.

Pada tahun 2012, James Harden pindah ke Rockets dan di sinilah ia semakin melambungkan namanya di dunia NBA.

Namun sepertinya Dewi Fortuna masih belum memihak kepadanya, karena setiap kali berhasil mencapai puncak final antar wilayah timnya selalu kandas.

Rata-rata, The Beard setiap musimnya mampu mencetak 25,1 point, 5,3 rebounds, dan 6,3 assist per pertandingan.

Pencapaian tertingginya adalah di tahun 2018 di mana dirinya mampu mencatatkan 36,1 point per pertandingannya.

Tak hanya itu, beberapa kali juga James Harden sempat mencetak lebih dari 40 poin, 50 poin, bahkan hingga 60 poin.

Mencetak banyak poin mungkin hal yang wajar jika melihat dari posisi James Harden, meski demikian pada kenyataannya Harden juga bisa memainkan di sejumlah posisi seperti point guard ataupun power forward.

Di Rockets, bisa dikatakan Harden nyaris tak memiliki tandem yang sepadan yang mampu membantunya agar bisa meraih gelar juara.

Di tahun 2017 barulah Rockets mendatangkan Chris Paul, namun sepertinya Paul juga dianggap belum berikan kontribusi yang maksimal.

Di musim 2019-2020 ini, Rockets pun menukar Chris Paul dengan mantan tandem Harden dari Oklahoma City Thunder, yakni Russell Westbrook.

Baca Juga
Baca Juga

Keduanya sempat menunjukkan kinerja yang maksimal meski di awal musim sempat kurang konsisten, sayang hingga memasuki pertengahan musim dan babak playoff kompetisi harus terhenti karena adanya pandemi virus corona.

Namun satu hal yang perlu diingat, James Harden selalu tampil maksimal dengan seluruh staminanya agar bisa memberikan kemenangan bagi Houston Rockets.

Bahkan, di saat timnya tertinggal cukup jauh dari sejumlah lawan di NBA, Harden tak menurunkan semangatnya untuk mengejar ketertinggalan meski pada akhirnya Rockets gagal raih kemenangan.

Harus diakui juga jika sosok James Harden memiliki daya tarik tersendiri yang mampu memikat banyak orang untuk menyaksikan olahraga basket.


1. Stephen Curry

Kembali dengan tampil mencolok, pemain megabintang Golden State Warriors, Stephen Curry gunakan sepatu beda warna.

Bohong rasanya jika pada era modern masa kini, penggemar basket tak ada yang tahu siapa itu Stephen Curry.

Saat pertama kali bermain di NBA pada tahun 2009, Curry langsung menetapkan hatinya bersama Golden State Warriors hingga sekarang.

Pada awal-awal, nama Curry memang sempat kurang dipandang. Perlahan tapi pasti, pebasket yang berposisi sebagai point guard ini menjelma menjadi bintang andalan bagi tim yang bermarkas di Oracle Arena tersebut.

Salah satu gaya khas permainannya adalah lemparan jarak jauhnya atau three pointnya yang terbilang 95 persen akurat. Tekniknya dalam menggiring bola juga sudah tak perlu diragukan lagi.

Baca Juga
Baca Juga

Curry juga mampu menjadi pusat serangan bagi Warriors. Tak heran, pada awal musim ini saat dirinya cedera serius akibat patah tangan, timnya pun langsung menurun drastis dari yang biasa memegang puncak klasemen harus menjadi juru kunci.

Rata-rata, setiap musim Stephen Curry mampu mencetak 23,5 points, 4,5 rebounds, dan 6,6 assist per pertandingan.

Raihan tertingginya adalah di tahun 2015, di mana dirinya mampu mencetak 30,1 points per pertandingan.

Tak heran, jika di tahun tersebut juga Stephen Curry berhasil memberikan gelar juara kepada Golden State Warriors.

LeBron James

LeBron James, megabintang LA Lakers.

Jika ada Stephen Curry, maka sudah pasti ada LeBron James yang menjadi rival seterunya. Harus diakui, keberadaan Curry dan LeBron di era masa kini bagaikan NBA pada era Michael Jordan dan Kobe Bryant.

Bahkan, tak sedikit juga yang menilai jika LeBron James serupa dengan Michael Jordan dan Kobe Bryant.

Pernyataan ini cukup menimbulkan pro dan kontra, di mana banyak yang menilai jika LeBron James memiliki gaya bermain yang sedikit lebih ego dibandingkan dengan Jordan maupun Kobe.

Tak hanya itu, LeBron James juga dianggap tidak memiliki sikap yang loyalitas karena sudah bermain bagi tiga tim.

Namun suka atau tidak, harus diakui juga jika LeBron James cukup membuat kompetisi basket NBA tetap menarik untuk diminati. LeBron James pertama kali bermain di kompetisi NBA bersama Cleveland Cavaliers di tahun 2003 hingga tahun 2010.

Di mana saat itu juga ia memiliki torehan poin tertinggi yaitu mencetak 31,4 point per pertandingan dan saat itu juga nama LeBron James disebut-sebut bakal menjadi pengganti Kobe Bryant.

Sayangnya, meski mampu tampil gemilang, LeBron tak mampu memberikan gelar juara bagi Cavaliers, hingga akhirnya baru melambungkan namanya lagi bersama Miami Heat di tahun 2010, di mana ia berhasil meraih dua gelar juara bersama Heat di tahun 2012 dan 2013.

Barulah pada tahun 2014 ia kembali pindah ke Cavaliers dan membuat The Cavs menjadi salah satu tim unggulan di NBA.

Di sinilah baru muncul persaingan ketat antara dirinya dengan Curry dan memunculkan persaingan sengit antara Warriors dan juga Cavaliers.

Tak ayal, pada tahun 2016 secara mengejutkan LeBron James berhasil membawa Cleveland Cavaliers yang sempat tak dianggap menjadi juara untuk pertama kalinya dalam sejarah NBA.

Rata-rata, setiap musimnya LeBron James mampu mengemas 27,1 points, 7,4 rebounds, dan 10,6 assist per pertandingan.

Pada tahun 2018, LeBron James pindah ke LA Lakers dan kepindahannya pun diharapkan bisa memberikan mengembalikan kejayaan Lakers.

Sama seperti Kawhi Leonard, semangat juang tinggi milik LeBron James benar-benar patut diacungi jempol. Ia tak pernah menyerah hingga buzzer akhir berbunyi untuk memberikan hasil yang maksimal bagi tim yang dibela.

Baca Juga
Baca Juga

Satu hal yang bisa dipelajari dari keempat pemain bintang basket di atas adalah, Kawhi Leonard, James Harden, Stephen Curry, dan LeBron James seakan-akan menjadi nyawa bagi permainan timnya.

Keberadaan mereka pun selalu memberikan semangat dan motivasi tersendiri bagi rekan setim saat mereka bermain. Perjalanan karier keempatnya dari yang tak dianggap menjadi andalan tim juga patut diapresiasi.

Jika mampu konsisten menjaga permainan terbaiknya, rasanya, Kawhi Leonard, James Harden, Stephen Curry, dan LeBron James juga pantas untuk dibuatkan film.

NBALeBron JamesKobe BryantStephen CurryKawhi LeonardJames HardenMichael JordanBasketBerita Basket

Berita Terkini