x

5 Bintang Basket yang Pernah Juarai NCAA dan NBA

Minggu, 17 Mei 2020 17:39 WIB
Penulis: Yosef Bayu Anangga | Editor: Yohanes Ishak
Meraih gelar juara NBA saja merupakan hal sulit, tapi ada pebasket yang mampu menjuarai NBA dan NCAA sepanjang karier mereka, salah satunya Michael Jordan.

INDOSPORT.COM – Meraih gelar juara NBA saja merupakan hal sulit, tapi ada pebasket yang mampu menjuarai NBA dan NCAA sepanjang karier mereka, salah satunya Michael Jordan.

Sebelum tampil secara profesional di ajang NBA, para pebasket Amerika Serikat biasanya lebih dulu mengasah kemampuan di level kampus melalui ajang NCAA. Pengalaman yang didapatkan di ajang tersebut, akan membantu mereka tampil lebih baik di NBA.

Namun, sebenarnya kedua ajang tersebut sama-sama berat untuk dijuarai. NCAA merupakan kompetisi yang sulit dan ketat karena melibatkan 64 tim, sedangkan babak Playoff NBA diketahui berjalan panjang dengan tiap babak bisa dijalani hingga 7 pertandingan.

Baca Juga
Baca Juga

Meski demikian, ada sejumlah pebasket yang mampu menjuarai dua kompetisi itu dalam karier mereka. Berikut ini INDOSPORT memilihkan 5  di antaranya  untuk Anda:

1. Isiah Thomas

Thomas yang merupakan legenda Detroit Pistons ini berhasil membawa tim tersebut meraih gelar juara NBA dua kali berturut-turut pada 1988/1989 dan 1989/1990. Namun, prestasi Thomas sudah dimulai di tingkat kampus dengan menjuarai NCAA pada 1981 bersama Indiana Hoosiers.

2. Bill Russell

Pria yang namanya dijadikan trofi MVP Finals ini memang pantas disebut legenda. Russell meraih dua gelar NCAA bersama University of San Francisco pada tahun 1955 dan 1956. Di NBA, prestasinya lebih gemilang lagi dengan menjadi juara 11 kali bersama Boston Celtics.

3. Magic Johnson

Johnson sudah menjadi bintang sejak di level NCAA dengan menjuarainya bersama Michigan State pada tahun 1979. Prestasinya di NBA pun langsung melesat dengan menjadi juara NBA pada tahun rookie-nya, dan secara total meraih 5 cincin juara bersama LA Lakers.

Baca Juga
Baca Juga

4. Kareem Abdul-Jabbar

Dominasi Abdul-Jabbar di cabang basket dimulai sejak memimpin UCLA menjuarai NCAA selama 3 tahun beruntun. Ketika melangkah naik ke NBA, ia tidak kehilangan kebintangannya dengan meraih 1 gelar juara bersama Milwaukee Bucks dan 5 gelar juara bersama LA Lakers.

5. Michael Jordan

Kesuksesan Jordan bersama Chicago Bulls di NBA dengan meraih 6 cincin juara membuat kariernya di tingkat kampus tertutupi. Namun, sebenarnya ia pun sudah tampil gemilang di NCAA dengan membawa North Carolina juara pada tahun 1982, mengalahkan Georgetown yang diperkuat Patrick Ewing.

NBALos Angeles LakersDetroit PistonsChicago BullsMagic JohnsonMichael JordanNCAAKareem Abdul-JabbarBasketBerita Basket

Berita Terkini