x

3 Materi Pelajaran Olahraga yang Dapat Dilakukan Selama di Rumah Aja

Rabu, 16 Desember 2020 08:50 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Arum Kusuma Dewi
Materi olahraga murid-murid di rumah.

INDOSPORT.COM - Pandemi virus corona membuat proses pembelajaran berubah menjadi sistem daring atau jarak jauh. Berikut 3 materi pelajaran olahraga yang dapat dilakukan selama di rumah aja.

Dunia pendidikan ikut merasakan dampak dari adanya pandemi virus corona. Kini para guru olahraga harus memutar otak untuk memilih materi pembelajaran yang bisa diterapkan kepada para siswa di rumah.

Baca Juga
Baca Juga

Berikut 3 materi pelajaran olahraga yang bisa diajarkan secara virtual.

1. Push-up dan sit-up

Ilustrasi orang yang tengah push up

Kedua latihan ini tidak membutuhkan peralatan apa pun untuk melakukannya. Cukup sediakan ruang untuk Anda bergerak dengan nyaman.  Meskipun kelihatannya sederhana, keduanya sangat penting dalam semua jenis olahraga.

2. Lompat tali

Ilustrasi orang yang sedang lompat tali.

Lompat tali memang tidak semudah kedengarannya karena aktivitas ini sangat membutuhkan konsentrasi penuh serta koordinasi tubuh yang baik. 

Namun, latihan ini sangat dibutuhkan guna mengurangi risiko cedera kaki. Fun fact, ternyata lompat tali dapat membakar banyak kalori di dalam tubuh, lho.

3. Basket

Agar para siswa tidak bosan, sesekali para guru bisa meminta siswa yang memiliki bola basket di rumah untuk mempraktikkan teknik sederhana seperti menggiring bola (dribble) maupun menembak (shoot).

Kini NBA telah menyediakan platform e-learning, yang berisi panduan dan cara praktis dalam mengajar bola basket

Melalui platform ini, para guru dapat mengikuti berbagai pelatihan serta kurikulum yang tersedia. Banyak sesi pelatihan dan pembinaan yang sudah tersedia di platform ini.

Kurikulum Jr. NBA dirancang untuk para guru di Indonesia, memiliki Coaches Practice Plan yang memungkinkan para guru untuk belajar lebih banyak lagi. Program yang dapat dilakukan guru dibagi dalam beberapa tahapan, yakni Rookie, Starter, MVP, dan All-Star.

Platform e-learning ini telah menyediakan kurikulum yang lengkap untuk tiap jenjang pengajaran, mulai dari tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, hingga Sekolah Menengah Atas. Masing-masing tingkat berisi enam tahapan dan lima modul.

Di setiap tahapan, guru-guru sudah dilengkapi dengan instruksi dan materi untuk setiap sesi, mulai dari pemanasan, teknik, permainan, dan diakhiri dengan sesi review untuk para murid.

Cari tahu lebih lanjut hal-hal mengenai platform e-learning di sini:

https://www.jrnbaasia.com/coaches/id_ID/curriculum/moe

Program Jr. NBA yang telah diluncurkan sejak 2014 telah menjangkau lebih dari 16,5 juta anak laki-laki dan perempuan di Indonesia. Program ini mengajarkan dasar-dasar bola basket dan nilai-nilai STAR, yakni sportivitas (Sportsmanship), kerja sama tim (Teamwork), sikap positif (Attitude), dan saling menghargai (Respect).

Baca Juga
Baca Juga

Sementara program akademi pelatih Jr. NBA, yang juga didukung oleh pemerintah, telah melatih lebih dari 52 ribu guru dari 41 ribu sekolah di 25 kota di Indonesia.

NBAOlahragaTRIVIABasketBerita OlahragaBerita Basket

Berita Terkini