x

Perjalanan Karier Yos Sonneveld, Pemain Indonesia Hingga Gabung Arsenal

Minggu, 14 Februari 2021 16:05 WIB
Editor: Coro Mountana

INDOSPORT.COM – Siapa sangka kalau di Inggris, ada pemain berdarah Indonesia bernama Yos Sonneveld alias Indominator yang saat ini sedang membela Arsenal, bagaimana perjalanan kariernya?

Ketika jagat sepak bola Indonesia merasakan suka cita teramat dalam saat menyaksikan Bagus Kahfi akhirnya bergabung dengan FC Utrecht. Ternyata tak ada yang sadar kalau ada pemain berdarah Indonesia lain yang bahkan sedang berjuang di Inggris.

Dia adalah Yos Sonneveld atau yang biasa dikenal dengan Indominator. Memang Yos Sonneveld bukanlah atlet sepak bola seperti Bagus Kahfi, dia adalah atlet eSports untuk permainan Pro Evolution Soccer (PES).

Baca Juga
Baca Juga

Pada dasarnya sama-sama berkecimpung di dunia sepak bola, hanya beda perantaranya saja. Peforma Indominator pun bersama Arsenal tidak main-main, di mana ia menjadi salah satu pemain andalan di sana.

Berdasarkan catatan statistik yang dikeluarkan efootballpro.konami.net, Indominator telah bermain untuk Arsenal sebanyak 8 pertandingan. Dari 8 laga itu, Yos Sonneveld berhasil menyarangkan 6 gol dan membuat 3 assists.

Teranyar pada Sabtu (12/02/21) lalu, Yos Sonneveld berhasil menjadi bintang kemenangan Arsenal atas Juventus dengan skor 2-1 pada game keduanya melawan Si Nyonya Tua.

Baca Juga
Baca Juga

Satu gol yang ia kemas turut membawa Arsenal untuk sementara berada di posisi ketiga pada ajang eFootball.Pro League.

Sebagai informasi, eFootball.Pro League merupakan kompetisi bergengsi eSports pada game PES di Eropa.

Sebanyak 10 klub ternama bermain di turnamen itu sepert AS Monaco, Manchester United, Schalke, Barcelona, AS Roma, Bayern Munchen, Juventus, Arsenal, Galatasaray dan Celtic.

Namun perjuangan Yos Sonneveld hingga sekarang menjadi bintang andalan Arsenal tentu tidak datang secara instan. Bagaimana perjuangan karier Yos Sonneveld, pemain PES berdarah Indonesia hingga kini menjalani kiprah di Arsenal?


1. Perjalanan Karier Indominator

Indominator pamer hasil pertandngan Arsenal vs Juventus di ajang eFootball Pro League.

Yos Sonneveld merupakan pemain blasteran Indonesia dan Belanda. Tapi ia pada akhirnya lebih memilih membela kewarganegaraan ibunya yaitu Indonesia,

“Ayah saya adalah orang Belanda dan sudah tinggal dan bekerja di Indonesia selama lebih dari 20 tahun. Sedangkan ibu saya asli Semarang dan kami masih memiliki banyak keluarga di sana,” cerita Yos Sonneveld secara ekslusif kepada INDOSPORT.

Yos Sonneveld ternyata lahirnya di Jakarta tapi di usia yang sangat muda, ia sudah pindah ke Belanda. Meski begitu, fakta tersebut tak mengurangi rasa cintanya pada Indonesia, tempat ia dilahirkan dan itu adalah kewarganegaraan ibu tercintanya.

Kecintaan Yos Sonneveld dengan tanah air ibunya pun dibuktikannya dengan bergabung bersama Timnas PES Indonesia pada SEA Finals 2018 di Malaysia. Saat itu, Yos Sonneveld bergabung dengan talenta PES Indonesia berbakat seperti Adhie Qwa, Rio DS, dan Akbar Paudie.

Perjalanan karier Yos Sonneveld tidak ujug-ujug datang langsung sukses bersama Arsenal. Perkenalan Yos Sonneveld dengan dunia eSports untuk game Pro Evolution Soccer saat PS 3 dirilis.

“Saya mulai bermain PES saat PS 3 dirilis, setelah itu di 2015 saya mulai mengikuti turnamen. Cerita berlanjut pada 2017, saya pun menjadi juara di Belanda,” lanjutnya.

Setahun berikutnya, ia pun meraih runner up pada ajang tingkat dunia untuk turnamen 3v3 PES League World Finals. Pencapaian itu membawanya direkrut oleh Celtic pada 2019 sebelum akhirnya kini pindah ke Arsenal yang merupakan salah satu klub terbesar di dunia.

Latihan untuk menjadi seorang atlet profesional eSports PES pun tidaklah mudah. Yos Sonneveld menuturkan kepada kami kalau ia dan teman-temannya latihan 5 hari dalam seminggu dan biasanya itu sore hingga malam hari.

Meski sibuk dengan latihan menjadi pemain eSports profesional PES, Yos Sonneveld dan kawan-kawan masih menjalankan pekerjaan sampingan. Hal itu juga yang membuat Yos Sonneveld merasa menjadi atlet eSports tak menghalanginya untuk melanjutkan studi.

“Bagi saya, tidak ada masalah saat saya mencoba untuk menekuni dunia eSports sembari melanjutkan studi. Selama anda bisa merencanakan semuanya, maka seharusnya studi tidak akan mengganggu perkerjaan utama di dunia profesional eSports,” tutupnya.

Saat ini, Yos Sonneveld atau Indominator bakal menjalani jeda selama satu bulan sebelum akan kembali lagi membela Arsenal. Yos Sonneveld dijadwalkan akan kembali bertanding di eFootball.Pro League pada 13 Maret mendatang sebagai perwakilan Indonesia di tingkat dunia eSports PES.

BelandaArsenalIndonesiaPro Evolution SoccerIn Depth SportseSportsFeatureBerita eSportsYos Sonneveld

Berita Terkini