Mario Götze berasal dari Bavaria akan kembali ke Bayern München. (Indosport.com)
Tinggal merampungkan beberapa urusan, Mario Götze akan resmi pindah ke Bayern München. Senin (03/06/13) bertepatan dengan hari lahirnya, Götze nyatakan tekad untuk juara bersama Bayern.

“Tiap kali main, saya ingin memenangi gelar dan mencapai hasil terbaik,” Mario Götze menerangkan alasannya meninggalkan Borussia Dortmund dan menyeberang ke pihak pesaing, Bayern München.

Bukan tak ada perang batin berkecamuk di hatinya. Götze berterima kasih kepada Dortmund, klub yang dia bela sejak tim junior. Tapi dia pergi ke München, klub asal wilayah kampung halamannya.

Lahir pada 03 Juni 1992 di Memmingen, kota kecil di selatan München dekat pegunungan Alpen, Mario Götze pindah ke Dortmund pada usia 6 tahun. Keluarganya hijrah mengikuti karier ayahnya.

Jürgen Götze ialah profesor di Universitas Teknologi Dortmund. Sebagai akademisi tinggi, Götze senior justru memiliki tiga anak lelaki yang menjadi profesional di kompetisi sepakbola Jerman.

“Kami berterima kasih kepada ayah yang sudah pindah dari Memmingen ke Dortmund,” kenang Götze terhadap perjalanan karier dia, abang dan adiknya yang semua menjadi pesepakbola.

Kalau tidak pindah ke Dortmund, Mario belum tentu menjadi pesepakbola potensial bagi Jerman. Dari dua klub kecil, tiga kakak beradik lalu masuk tim junior Borussia Dortmun dari berbagai level.

Mario melesatkan perkembangan pesat. Dia baru berumur 17 tahun 5 bulan saat memainkan debut di Bundesliga 1. Setahun kemudian, Götze menjadi pemain termuda dalam sejarah tim nasional.

Dengan usia 18 tahun 167 hari, Mario Götze melewati rekor Uwe Seeler pada 1954. Namun dia masih terlalu jauh untuk mengejar sukses striker legendaris Uwe Seeler yang main di 4 Piala Dunia.

Kini Götze mengejar peluang tampil di Piala Dunia pertamanya di Brasil 2014. Pelatih tim nasional Jerman, Joachim Löw, berharap pada kiprah Mario yang piawai berperan di beragam posisi serang.

Götze bisa bermain sebagai playmaker seperti pemain nomor 10 atau striker selayak pemakai nomor 9. Dia juga mudah beradaptasi dan bertukar peran yang sama dengan duet sehatinya, Marco Reus.

Mulai 01 Juli 2013, Götze pindah ke Bayern sebagai pemain termahal Jerman dengan transfer 37 juta euro. Dia tak lagi berduet dengan Reus di Dortmund tapi mereka bisa tetap bersama di tim nasional.