Indra Gunawan terbukti pakai doping dan terancam sanksi. (Indosport.com)
Pelatih pemusatan latihan nasional (pelatnas) renang Hartadi Noertjojo, Kamis (11/07/13), membenarkan berita soal perenang Indra Gunawan terbukti menggunakan doping.

Indra Gunawan menjadi peraih tunggal medali emas Indonesia di ajang Asian Indoor & Martial Arts Games (AIMAG) di Incheon, Korea Selatan, beberapa waktu lalu.

Indra Gunawan merebut emas AIMAG pada nomor 50 meter gaya dada terbukti positif menggunakan doping berjenis zat methylhexaneamine saat bertanding di Incheon.

Kepastian pemakaian doping membuat Indra Gunawan terancam tidak bisa memperkuat Indonesia di SEA Games 2013 Myanmar.

Akibat menggunakan methylhexaneamine, selain terancam bertarung di SEA Games 2013, Indra harus kehilangan medali emas AIMAG.

“Positif setelah dikalungkan medali Komite Olimpiade Asia (OCA). Kami menunggu surat dari OCA yang akan berhubungan dengan Lembaga Anti Doping Indonesia (LADI)," kata Hartadi, Kamis (11/07/13).

Indra terancam hukuman larangan bertanding maksimal dua tahun seperti termuat dalam kode antidoping dunia (WADA).

Indonesia akan berusaha mati-matian untuk membela Indra agar tampil di SEA Games 2013 karena perenang asal Sumatera Utara menjadi salah satu andalan Indonesia di Myanmar.

"Indra salah satu andalah di nomor estafte 4x100 meter putra. Walau ada Dennis Tiwa yang bisa menggantikan, tapi catatan Indra lebih baik. Kami akan coba melawan habis-habisan,” jelas Hartadi.

Setidaknya Indonesia berharap Indra hanya menerima hukuman dengan pencabutan medali dan peringatan tanpa larangan bertanding agar bisa ikut SEA Games.