x

Petarung MMA Asal Indonesia Bocorkan Rahasia Teknik ‘Mematikan’ Andalannya

Sabtu, 13 Juni 2020 19:03 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Isman Fadil
Fajar Macho Kamacho.

INDOSPORT.COM – Petarung Mixed Martial Arts (MMA) asal Indonesia, Fajar ‘Macho’ membocorkan rahasia teknik ‘mematikan’ andalannya berupa single-leg takedown.

Setiap petarung seni bela diri pasti memiliki teknik serangan maupun bertahan yang menjadi andalan dan ikoniknya untuk memenangkan sebuah pertandingan.

Hal ini juga dilakukan oleh Fajar yang memiliki teknik single-leg takedown sebagai andalannya. Bahkan jurus ini mampu memenangkan laga debutnya atas Egi Rozten di ronde pertama ajang ONE Championship pada 7 Februari lalu.

Melansir dari laman ONE FC, petarung asal Tangerang, Banten ini membeberkan bagaimana cara dan kinerja teknik andalannya tersebut.

Baca Juga
Baca Juga

“Saya biasa menggunakan teknik single leg takedown sejak masih menjadi atlet gulat. Biasanya saya akan memancing lawan dengan double-leg, jika tak sukses maka langsung beralih ke single-leg,” ujar Fajar ‘Macho’.

“Menurut saya, teknik double-leg takedown itu lebih berat, karena lawan lebih mudah untuk bertahan. Tapi saat menggunakan single-leg, menurut saya akan lebih sulit untuk ditahan,” tuturnya.

Fajar juga mengungkapkan bahwa teknik ini lebih efektif digunakan saat berada di ujung arena tarung. Untuk menggunakan jurus ini, petarung harus memfokuskan perhatian lawan pada satu teknik, untuk memperdayanya dengan teknik pukulan lain sebelum akhirnya mengerahkan jurus andalan tersebut.

Baca Juga
Baca Juga

Atlet yang memiliki tubuh kekar ini mengatakan, untuk lolos dari teknik mematikan tersebut ialah mengunakan sprawl, tetapi gerakannya lebih menyerupai teknik split, dimana kita juga melemparkan kaki ke samping, bukan ke belakang.

Serta, jangan lupa untuk mengendalikan lengan lawan saat melakukan sprawl, atau biasa disebut dengan teknik ‘double under hook’ dalam istilah gulat. Ia turut mengungkapkan untuk sering melatih teknik tersebut dengan melakukan repitisi sebanyak mungkin.

Fajar ‘Macho’ kini bertarung di divisi bantamweight di ajang ONE Championship, dan ingga saat ini telah memegang catatan rekor 4-1-0 dalam karier profesionalnya. Ia merupakan mantan peraih medali emas sambo di gelaran SEA Games 2019.

Mixed Martial Arts (MMA)One ChampionshipBerita OlahragaBerita SportBerita MMA

Berita Terkini