x

Khabib Nurmagomedov Pensiun, Singgasana UFC Diperebutkan 4 Petarung Baru

Minggu, 25 Oktober 2020 17:47 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Sabuk baru UFC kelas ringan yang akan diperebutkan usai Khabib Nurmagomedov pensiun.

INDOSPORT.COM - Legenda hidup UFC di kelas ringan, Khabib Nurmagomedov, belum lama ini telah memutuskan pensiun. Dengan hal ini, muncul empat nama petarung MMA yang layak menggantikan Khabib di kursi singgasana UFC.

Seperti kita ketahui sebelumnya, Khabib Nurmagomedov telah memutuskan pensiun usai memenangkan pertandingan melawan Justin Gaethje. Keduanya bertanding di Fight Island, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Minggu (25/10/20) dini hari WIB dalam ajang UFC 254.

Baca Juga
Baca Juga

Dalam pertandingan tersebut, baik Khabib maupun Justin telah memberikan yang terbaik di atas oktagon. Pertandingan ini juga paling dinanti-nanti oleh para penggemar dunia tarung karena rekor fantastis dari latar belakang keduanya.

Pasalnya sebelum laga tersebut dimulai, Khabib Nurmagomedov selaku sang pemegang sabuk juara kelas ringan memiliki rekor tak terkalahkan yakni 28-0-0.

Sementara itu Justin Gaethje sang kuda hitam dikenal sebagai atlet MMA yang komplet dengan gaya bertarung standing fight serta memiliki pukulan yang amat keras. Ia juga memiliki rekor pertarungan yang cukup apik yakni 22-2-0.

Kedua petarung sama-sama membuka ronde pertama dengan hati-hati, sebelum Khabib mulai tampil lebih agresif menghadapi sang penantang. Sang juara sempat merangkul kaki Gaethje yang kemudian berhasil meloloskan diri.

Kuncian Khabib membuat Gaethje menyerah dalam gelar UFC di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Di ronde kedua, pertarungan kedua bintang MMA ini semakin memanas. Gaethje sempat mendaratkan tendangan ke tubuh Khabib. Tak lama kemudian, sang juara berhasil membalas dengan melakukan takedown. 

Petarung asal Rusia itu kemudian sukses melakukan triangle choke kepada Gaethje hingga sang lawan akhirnya lemas dan wasit memutuskan mengakhiri duel. Khabib pun memenangkan duel ini lewat technical submission di ronde kedua. Dengan hasil ini, ia pun berhasil memperpanjang rekornya menjadi 29-0-0.

Kemenangan ini pun menjadi hasil akhir dari perjalanan Khabib Nurmagomedov di ajang UFC. Hal ini ia lakukan sebagai sebuah bentuk janji kepada ibunya.

Tangisan Khabib Nurmagomedov usai mengalahkan Justin Gaethje

“Hari ini saya ingin mengatakan ini adalah pertarungan terakhir saya. Tak mungkin saya ke sini tanpa ayah saya," kata Khabib Nurmagomedov seusai laga seperti dilansir dari Talksport.

"Saat UFC mendatangi saya soal (pertarungan dengan) Justin, saya bicara dengan ibu saya selama tiga hari. Dia tidak ingin saya bertarung tanpa ayah saya. Lalu saya berkata kepadanya ini pertarungan terakhir saya dan saya memegang janji saya kepadanya," lanjutnya.

Baca Juga
Baca Juga

Keputusan pensiunnya Khabib nyatanya membuat banyak orang bertanya-tanya. Siapakah yang pantas menggunakan sabuk UFC kelas ringan yang telah digenggam Khabib sejak 2018 itu?

Oleh karenanya, INDOSPORT pun mencoba merangkum empat petarung yang disinyalir akan menjadi raja baru UFC di kelas ringan menggantikan Khabib Nurmagomedov.


1. 1. Justin Gaethje

Petarung MMA, Justin Gaethje.

Teratas ada Justin Gaethje, petarung asal Amerika Serikat yang menjadi lawan terakhir dari Khabib Nurmagomedov. Ada beberapa alasan mengapa Justin dinilai layak untuk menggantikan Khabib untuk menggenggam sabuk UFC kelas ringan.

Pertama karena dirinya adalah penantang nomor satu Khabib yang terbaru. Berstatus sebagai penantung nomor satu, tentu raihan rekornya bukanlah main-main. Kekalahannya dari Khabib menjadikan rekornya berubah ke angka 22 kali menang dan hanya tiga kali kalah.

Selain itu, pria berusia 31 tahun ini juga berpotensi menjadi yang terdepan dalam perebutan gelar juara UFC kelas ringan. Justin hanya membutuhkan satu pertandingan lagi untuk maju ke dalam penantang perebutan gelar juara.

2. Tony Ferguson

Tony Ferguson, petarung MMA.

The Bloody Killer adalah julukan yang pantas disandang oleh Tony Ferguson. Pasalnya, Tony kerap kali dihujani darah setiap kali bertanding di atas oktagon.

Terbaru, Tony Ferguson memang pernah kalah sekali dari Justin Gaethje di bulan Mei 2020. Meskipun begitu, statistik yang ia miliki tidak boleh dilepaskan begitu saja dari persaingan.

Pria berusia 36 tahun itu memiliki catatan 26 kali menang dan empat kali kalah. Tony Ferguson mampu menjadi penantang dalam perebutan gelar juara sabuk kelas ringan UFC, bila dirinya mampu memenangkan satu pertandingan lagi dengan Michael Chandler sebagai lawannya.

3. Conor McGregor

Conor McGregor.

Sudah jelas, rival Khabib yang sempat melambungkan tinggi namanya di tahun 2018 ini menjadi salah satu penantang serius dalam perebutan gelar juara UFC kelas ringan. 

Saat ini, Conor McGregor sendiri kabarnya tengah dijadwalkan untuk melawan Dustin Poirier di bulan Januari 2021 mendatang. Pemenang dari pertarungan ini tentunya akan satu langkah lebih maju untuk menjadi penantang dalam perebutan gelar juara.

4. Dustin Poirier

Dustin Poirier

Usai mengalahkan Conor McGregor, Khabib Nurmagomedov sempat ditantang oleh Dustin Poirier pada tahun 2019. Namun dirinya kalah usai menyerah dari sang legenda asal Rusia ini.

Dan kini, dirinya pun berpotensi untuk meraih gelar sabuk juara UFC di kelas ringan. Pria berusia 31 tahun dengan rekor 26-6-0 ini akan bertanding melawan Conor McGregor pada bulan Januari 2021 mendatang.

Ultimate Fighting Championship (UFC)Mixed Martial Arts (MMA)Conor McGregorTRIVIAKhabib NurmagomedovJustin GaethjeDustin Poirier

Berita Terkini