x

Kamaru Usman, Calon Petarung Kuat di UFC Seperti Khabib Nurmagomedov

Senin, 1 Maret 2021 19:34 WIB
Editor: Juni Adi
Kamaru Usman

INDOSPORT.COM - Nama Kamaru Usman belakangan ini tengah menjadi buah bibir di kalangan para pecinta olahraga gulat UFC. Namanya mulai melejit dan menjadi salah satu bintang UFC saat ini, berkat banyak kemenangan yang dia raih.

Sejak menekuni karier sebagai petarung profesional, Usman memiliki rekor 17 kemenangandan hanya menelan satu kekalahan. Satu-satunya petarung yang mampu mengalahkannya adalah Jose Caceres pada laga kedua ajang CFA.

Namun sejak bergabung tahun 2015 dan bertarung di bawah bendera UFC, Usman selalu menang dalam 13 pertandingan yang sudah ia jalani.

Baca Juga

Sabuk kelas welter pun melingkar di pinggangnya sejak ia menaklukkan Tyron Woodley pada 2019. Usman pun sudah sukses tiga kali mempertahankan gelar kelas welter yaitu ketika duel lawan Colby Covington, Jorge Masvidal dan Gilbert Burns.

Rekor impresif tersebut didapat tidak lepas dari teknik bertarung Usman yang mengesankan. Ia punya teknik gulat yang hebat dan hal ini yang membuat ia bisa mendominasi pertarungan.

Serta mendapatkan kemenangan angka lewat keputusan menang angka mutlak alias tiga juri yang ada selalu memenangkannya.

Kehebatan Kamaru Usman dalam ajang UFC tentu mengingatkan publik dengan sosok Khabib Nurmagomedov.

Seorang petarung asal Rusia yang dikenal hebat dan kuat di UFC dalam beberapa tahun belakangan. Akan tetapi aksi Khabib tidak bisa bisa lagi dinikmati oleh publik, lantaran ia sudah memutuskan pensiun.

Samai Rekor Khabib Nurmagomedov

Usman dan Khabib dikenal mempunyai hubungan dekat lantaran sama-sama bernaung di manajemen Dominance MMA.

Karier keduanya pun cemerlang di bawah bendera organisasi MMA yang bermain di UFC yang dipimpin oleh Dana White itu. 

Akan tetapi Khabib lebih dahulu bergabung pada tahun 2012, sedangkan Usman tahun 2015. Kendati demikian, Usman dengan cepat bisa menyamai prestasi yang dimiliki oleh sosok berjulukan The Eagle itu.

Usman telah berhasil meraih 13 kemenangan beruntun, yang berarti sukses menyamai rekor kemenangan milik Khabib Nurmagomedov di UFC.

Baca Juga

Soal kemenangan beruntun, Usman hanya kalah dari Anderson Silva sebagai pemilik catatan tak terkalahkan dalam 16 kali pertarungan di UFC.

Melalui 13 kemenangan beruntun itu, Usman berarti telah resmi menjadi peraih kemenangan beruntun terbanyak di kelas welter UFC dengan melewati Georges St-Pierre, yang memiliki 12 kemenangan berturut-turut.

Selain itu, Usman juga berhasil menyamai pencapaian Khabib lainnya yakni dalam mengamankan gelar juara UFC.

Usman dan Khabib sama-sama menjaga sabuk juara UFC di divisi masing-masing sebanyak tiga kali sejak memiliki titel. Khabib berhasil mempertahankan gelar juaranya dari buruan Conor McGregor, Dustin Poirier, dan Justin Gaethje. 


1. Diharapkan Lawan Khabib Nurmagomedov

Tendangan Gaethje ke arah wajah dapat ditepis Khabib dalam gelar UFC di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Seiring naik daunnya nama Kamaru Usman yang dikenal salah satu petarung hebat saat ini, membuat nama Khabib Nurmagomedov menggema.

Sebab, publik berharap Khabib kembali bertarung ke ring octagon dari masa pensiunnya karena sudah ada lawan yang kehebatannya sepadan yakni berhadapan dengan Usman.

Mungkin memang tidak akan mudah bagi Khabib untuk mengalahkan Usman apabila mereka benar-benar bertarung.

Gaya pertarungan Khabib yang menggunakan sambo sehingga dia menggunakan keunggulan fisik terhadap lawannya, mungkin tidak akan berjalan sempurna jika Si Elang berhadapan dengan Kamaru Usman, yang mengandalkan kekuatan fisik.

Baca Juga

Sayangnya, pertemuan Khabib Nurmagomedov dengan Kamaru Usman dinilai sangat sulit untuk diwujudkan dan cendrung mustahil, mengingat pendirian Khabib untuk tetap pensiun sangat kuat.

Khabib Nurmagomedov sendiri pensiun lantaran sang ibu tidak mengizinkan dirinya betarung lagi, sejak ayahnya meninggal dunia Juli 2020 lalu.

Ultimate Fighting Championship (UFC)Mixed Martial Arts (MMA)Khabib NurmagomedovKamaru Usman

Berita Terkini