x

Hasil Bulutangkis SEA Games 2021: Taklukkan Singapura, Pramudia/Yeremia Wujudkan 'All Indonesian Final'

Sabtu, 21 Mei 2022 17:03 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
Pramudya Kusumawadana/Yeremia Rambitan lolos ke final ganda putra SEA Games 2021 usai bekuk Terry Kai Yong/Hean Kean Loh dari Singapura.

INDOSPORT.COM - Kendati harus bersusah payah tetapi pasangan Pramudya Kusumawadana/Yeremia Rambitan mampu mewujudkan ekspektasi untuk lolos ke babak final bulutangkis SEA Games 2021 di nomor ganda putra.

Pada Sabtu (21/05/22) sore, keduanya sukses mengalahkan kombo Singapura yakni Terry Kai Yong/Hean Kean Loh lewat tiga set dengan skor 15-21, 21-17, dan 21-19.

Baca Juga

Dengan ini Indonesia dipastikan bisa meraih emas dari kategori ganda putra mengingat di final nanti akan ada duel sesama wakil Merah-Putih alias All Indonesian Final.

Pram/Yere bakal berjumpa dengan Leo Carnando/Daniel Marthin yang sudah lebih dulu memastikan diri ke partai puncak pasca menyingkirikan jagoan tuan rumah Vietnam, Do Tuan Duc/Pham Hong Nam.

Jalannya set pertama untuk Pramudya Kusumawadana/Yeremia Rambitan terbilang sulit karena sejak awal mereka sudah terus tertinggal.

Baca Juga

Terry Kai Yong/Hean Kean Loh pada mulanya unggul 1-3, 2-5, 4-6, hingga kemudian memasuki interval sambil memimpin 6-11.

Usai rehat, Pram/Yere coba mendekat. Mereka bisa membuat jarak menipis di skor 12-13 hanya saja pasangan Singapura kembali menjauh dan unggul 12-15.

Terry/Loh bisa memenangi gim pertama dengan skor 15-21 dalam waktu 13 menit saja sehingga Pram/Yere berada dalam tekanan besar memasuki gim selanjutnya.

Baca Juga

Situasi di set kedua masih belum banyak berubah dengan Terry Kai Yong/Hean Kean Loh berada di atas angin dan memanfaatkan kegugupan Pramudya Kusumawadana/Yeremia Rambitan.

Dalam sekejap wakil negeri jiran sudah berhasil meninggalkan Pram/Yere dengan skor 2-4 dan bahkan terus menjauh jelang interval.


1. Set Dua dan Tiga

Pebulutangkis ganda putra Indonesia, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan di SEA Games 2021. Foto: PBSI

Wakil Indonesia kemudian diasapi 5-9. Bahkan, pasangan Singapura bisa unggul di interval dengan skor 7-11.

Barulah kebangkitan bisa ditunjukkan Pram/Yere setelah itu. Pasangan nomor urutan 16 dunia tersebut bisa mengimbangi lawannya 15-15.

Baca Juga

Setelah itu tiga poin beruntun bisa dimenangi duet yang sama-sama pernah menimba ilmu di PB Djarum tersebut.

Pada akhirnya kemengan 21-17 bisa digenggam pasangan Indonesia untuk memaksakan digelarnya set ketiga.

Pada gim ketiga kejar-kejaran antara Pram/Yere dan Terry/Loh masih terjadi dan justru semakin ketat. 

Baca Juga

Pasangan Indonesia itu bisa unggul dengan skor 9-7. Ganda Singapura lalu masih dapat mendekat saat skor 10-9. 

Untungnya, Pram/Yere bisa unggul di interval dengan skor 11-9 namun bukan berarti duo berusia 21 dan 22 tahun itu bisa jemawa.

Skor ketat terjadi usai turun minum. Pasangan Singapura bisa mendekat dengan skor 13-11. Bahkan, jarak hanya tinggal satu angka menjadi 14-13.

Baca Juga

Beruntung, Pramudya/Yeremia bisa menjaga jarak dan tetap memimpin 16-14 namun lagi-lagi Terry/Loh masih belum kehabisan nafas dan malah mengimbangi 17-17.

Pramudya Kusumawadana/Yeremia Rambitan pada akhirnya bisa mengakhiri pertandingan dengan kemenangan 21-19 atas Terry Kai Yong/Hean Kean Loh dan berhak melaju ke final SEA Games 2021 usai sebelum menjuarai BAC 2022.


2. Ganda Putri Juga ke Final

Ganda putri Indonesia Apriyani Rahayu dan Siti Fadia Ramadhanti di laga SEA Game Vietnam 2021. Foto: PBSI

Berikut merupakan hasil pertandingan semifinal SEA Games 2021 untuk cabang olahraga bulutangkis ganda putri antara wakil Indonesia Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs wakil Singapura, Khan Insyirah/Zhi Rui Bernice Lim.

Wakil Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti sempat menghadapi perlawanan ketat ganda Singapura, Khan Insyirah/Zhi Rui Bernice Lim, dengan mengawali laga pada keunggulan 4-2.

Dalam pertandingan yang digelar pada hari Sabtu (21/05/22) ini, terjadi satu kesalahan dari Apriyani Rahayu saat mengembalikan bola sehingga membuat Khan/Zhi dari Singapura mampu menipiskan ketertinggalan menjadi 5-4.

Lambat laun, Apriyani/Fadia semakin memperlebar keunggulan dengan meraih dua poin beruntun sehingga kedudukan berubah menjadi 7-4 atas pasangan Singapura, Khan/Zhi.

Tak lama, duet Indonesia, Apriyani/Fadia mampu mengunci keunggulan di interval pertama dengan kedudukan 11-5.

Baca Selengkapnya: Hasil Semifinal Bulutangkis SEA Games 2021: Lolos ke Final, Apriyani/Fadia Bikin Singapura Rasakan 'Skor Afrika'

BulutangkisBerita BulutangkisPramudya KusumawardanaPramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche RambitanSEA Games 2021

Berita Terkini