Tour de Singkarak 2014

Amir Zargari Juarai Tour de Singkarak

Minggu, 15 Juni 2014 17:43 WIB
Penulis: Niken Purnamasari | Editor: Yusuf Abdillah
 Copyright:

Setelah membukukan catatan waktu tercepat dibandingkan 130 pebalap dari 18 tim yang turun di kejuaraan yang masuk agenda badan balap sepeda dunia itu, Amir Zargari dikukuhkan sebagai juara.

Pebalap tim Pishgaman Yazd Iran itu mampu membukukan total catatan waktu 28 jam 31 menit dan 48 detik untuk menyelesaikan balapan dengan jarak tempuh 1.250 kilometer yang terbagi dalam sembilan etape. 

Pada etape penentuan, Amir Zargari memang terlempar dari tiga besar pebalap tercepat. Untuk juara etape sembilan adalah pebalap asal Avanti Racing Team Australia Brenton Jones.

Kemenangan Amir Zargari pada kejuaraan yang didukung penuh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini cukup istimewa karena merupakan yang kedua. Pebalap asal Iran ini sebelumnya menjadi juara TdS 2011.

Prestasi Amir Zargari kali ini terbilang unik. Pebalap Iran itu menjadi juara meski sepanjang lomba tak pernah memenangi satu etape pun. Prestasi paling baik pebalap berusia 34 tahun ini adalah menjadi peringkat dua di etape empat.

Untuk predikat Raja Tanjakan (Polkadot) dipegang oleh pebalap Pishgaman Yazd Iran, Ramin Mehrbaniazar dengan 40 poin. Sedangkan Raja Sprint (Kaos Hijau) direbut oleh pebalap 7 Eleven Filipina, Cris Joven dengan 35 poin.

Hasil Tour de Singkarak 2014
Yellow Jersey 

Amir Zargari (PKY) 28:31:48

Red White Jersey
Dadi Suryadi (PCT) 28:46:17

Green Jersey
Cris Joven (T7E) 35 poin

Polkadot Jersey
Ramin Mehrbaniazar (PKY) 40 poin