Susul Pelatih Dadang Haries Poernomo

Pebalap Elga Siap Mundur dari Asian Games

Kamis, 4 September 2014 21:57 WIB
Editor: Jhon Purba
 Copyright:

Asian Games 2014 akan berlangsung di Incheon, Korea Selatan, 19 September-4 Oktober 2014. Keinginan peraih dua emas SEA Games untuk mengundurkan diri karena menilai ISSI terlalu cepat menentukan pelatih baru. Padahal kerja sama Elga dengan pelatih sudah berjalan sejak 2011.

“Saya mendapatkan dua medali emas saat dilatih Dadang. Masak menjelang keberangkatan ke Asian Games terjadi pergantian? Jelas akan mengganggu persiapan," kata Elga Kharisma Novanda.

Mundurnya Dadang Haries Poernomo sebagai pelatih tim BMX ditengarai karena kondisi kurang harmonis di tubuh induk organisasi balap sepeda itu. Selanjutnya posisi pelatih oleh ISSI digantikan oleh Candra.

Hanya saja, pelatih baru yang ditunjuk ISSI di bawah kepemimpinan Edmound JT Simorangkir dinilai asing oleh Elga. Chandra tidak menangani Elga selama menjalani pemusatan latihan.

“Jika pelatihnya tetap dia (Candra), saya mending tidak ikut ke Asian Games. Makanya saat ini saya masih menunggu penjelasan," tegas Elga Novanda.

Untuk mendapatkan kepastian, Elga mengirim surat ke Ketua Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) Suwarno. Elga meminta Satlak Prima membantu menyelesaikan permasalahan di tubuh ISSI yang dinilai tidak kondusif.

“Meski belum ada kepastian, saya tetap berlatih seperti biasa. Yang jelas, apa yang saya lakukan sesuai dengan program yang ada," jelas Elga yang asal Malang, Jawa Timur, ini.

Ketua Umum ISSI Edmoud JT Simorangkir mengatakan pihaknya sangat memahami apa yang dirasakan Elga. Edmoud berjanji akan bergerak cepat untuk menyelesaikan permasalahan yang ada.

“Kami akan berbicara dengan tim teknis. Jika masih dibutuhkan (Dadang Haries), maka tetap akan saya kirim ke Korea. Kami akan memutuskan secepatnya,” ujar Edmoud.

Cabang balap sepeda nomor BMX putri merupakan salah satu cabang yang diharapkan menyumbang medali bagi Indonesia di Asian Games 2014. Selain nomor BMX, Indonesia juga turun di nomor road race dan MTB.