SEA Games 2015

Cabang Atletik Bidik Gelar SEA Games 2015

Rabu, 7 Januari 2015 16:20 WIB
Penulis: Yohanes Ishak | Editor: Ramadhan
© Ratno Prasetyo/INDOSPORT
Coaching Clinic Atletik Copyright: © Ratno Prasetyo/INDOSPORT
Coaching Clinic Atletik

Cabang Olahraga Atletik Indonesia, mulai memasang target tinggi pada perhelatan SEA Games 2015. Dalam mendukung rencana itu, PB PASI sudah mendatangkan beberapa pelatih asal Jerman, yakni Michael Deyhle, Dieter Kollark, Anna Rueh, dan Carolin Paesler.

Kedatangan mereka diharapkan mampu meningkatkan prestasi Atletik Indonesia melalui metode pelatihan yang berbeda. Keempat pelatih asal Jerman itu, sudah menggelar coaching clinic sejak Senin, 5 Januari lalu, hingga Jumat 9 Januari 2015 mendatang.

Menurut Ardiansyah, salah satu atlet dari nomor Lontar Martil, para pelatih asal Jerman tersebut memberikan sejumlah materi latihan yang dinilai memiliki perbedaan sangat jauh dengan gaya pelatihan di Indonesia.

“Gaya pelatih Jerman sangat santun, atraktif, dan aktif. Berbeda dengan metode latihan Indonesia, untuk urusan kedekatan antara atlet dengan pelatih saja masih kurang. Hari ini kita latihan kilometrik, lompat gawang sama agility,” tutur Ardiansyah, saat ditemui usai latihan di Stadion Madya,  Senayan, Jakarta, Rabu (07/01/15).

Bagi Ardi (nama panggilan), para pelatih tersebut tidak hanya memberikan arahan saat latihan, tetapi juga turut serta mengikuti sesi latihan bersama para atlet. Hal inilah yang membuat Hardi merasakan perbedaan dalam gaya kepelatihan Jerman.

“Coaching clinic kali ini sangat baik sekali, karena menambah wawasan, banyak variasi-variasi dan ilmu baru yang kita dapatkan. Jadi, biasanya  kita hanya melakukan 1 gerakan saja, namun oleh para pelatih, 1 gerakan tadi bisa dikembangkan menjadi 8 gerakan, variasinya jadi lebih banyak,” tutup Ardi.