(VIDEO) Si Cantik dari Jepang Yang Miliki Sabuk Hitam Karate

Kamis, 6 Agustus 2015 01:32 WIB
Editor: Galih Prasetyo
 Copyright:

Miliki wajah cantik tentu tidak tidak ada yang menyangka jika perempuan yang baru-baru ini tampil sebagai bintang iklan di Jepang ialah seorang karateka profesional. Rika Usami ialah sosok wanita tersebut. Rika tercatat sebagai karateka perempuan Jepang yang menyandang sabuk hitam. 

Rika mengaku bahwa ia sudah menekuni olahraga karate sejak berusia 10 tahun. Ia bergabung dengan salah satu dojo Goyu-ryu yang terletak di dekat Tokyo. "Yang membuat saya tertarik ikut karate ialah karena saat itu saya sedang menonton TV, saya melihat seorang pejuang perempuan yang mahir beladiri. Ia jadi inspirasi saya," kata Rika seperti dilansir karatebyjesse.com

Ia pun menekuni olahraga beladiri asli Jepang ini dengan sungguh. Di usia 12 tahun ia mendapat kenaikan tingkat menjadi sabuk hijau. Ia pun mulai mengikuti turnamen pertamanya. Karirnya secara perlahan terus naik. Berbagai turnamen lokal dan internasional pernah ia ikuti dan gelar juara diraihnya. 

Rika pun kini dikenal sebagai salah satu bintang iklan di Jepang. Baru-baru ini saat menjadi bintang iklan untuk sebuah produk makanan, Rika melakukan adegan karate seperti saat ia bertanding di satu turnamen.

Nama Rika memang semakin dikenal usai ia mampu menyambet juara di ajang WKF Championship pada 2012 lalu. Namun sayang di 2013, ia memutuskan untuk pensiun dari kompetisi karate. Alasananya gelar di 2012 ialah gelar bergengsi yang sudah ia raih. 

Kini Rika bekerja sebagai pelatih karate di salah satu Universitas di Tokyo. Ia juga menjadi duta Jepang untuk Olimpiade 2020 yang akan berlangsung di Tokyo. 

8