Tour de Singkarak

Tak Takut Kabut Asap, Tds Tetap Berjalan

Kamis, 1 Oktober 2015 20:20 WIB
Kontributor: Ikhwan | Editor: Zainal Hasan
 Copyright:

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tetap menyelenggarakan even tahunan Tour de Singkarak (TdS). walaupun kabut asap terus menyelimuti hampir seluruh wilayah Sumatera Barat (Sumbar).

TdS sendiri bakal digelar pada 3 hingga 11 Oktober mendatang dengan Etape pertama dimulai dari Pesisir Selatan.

"TdS tetap terlaksana, besok kita bakal gelar Press Conference. Kita berharap TdS tahun ini berjalan lancar dan tidak ada masalah dalam pelaksanaannya," kata Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal Pariwisata Nusantara Kementerian Ekonomi dan Kreatif, Raseno Arya usai rapat internal panitia TdS di Padang.

Terkait kabut asap, pihaknya sendiri mengaku saat ini tengah berkoordinasi dengan sejumlah pihak untuk mencari data-data ilmiah untuk menjaga kesehatan para peserta.

"Asap tidak berasal dari Sumbar, tapi dari Jambi, Pekanbaru dan Palembang. Namun, kita tidak bisa mendahului tuhan, yang penting kesehatan pasti kita jaga," jelasnya.

Selain itu, hingga H-2 jelang TdS digelar, pihaknya terus berkoordinasi secara intensif terkait rute etape yang dilalui peserta. Mengingat, ada salah satu jalan yakni Teluk Bayur, Kota Padang hingga sekarang belum rampung 100 persen.

"Pekerjaan Umum bertanggung jawab terhadap jalurnya, PU Kabupaten Kota serta Provinsi menyatakan sudah siap," terangnya.

Untuk diketahui,  tahun ini, 36 negara Dengan 24 tim dan 3 dari Indonesia menyatakan keikutannya pada ajang Internasional yang ketujuh tersebut.