Paralimpiade Rio 2016

Pelari Selandia Baru Lampaui Rekor Oscar Pistorius di Paralimpiade 2016

Selasa, 13 September 2016 22:20 WIB
Editor: Arief Rahman Hakim
 Copyright:

Atlet lari yang berusia 22 tahun ini mencatat waktu 21,06 detik di nomor lari 200 m T44 pada Minggu (12/09/16) waktu setempat. Sementara Pistorius mencatat rekor 21,30 detik.

Kemenangan ini menjadi perolehan emas ketiga yang dikoleksi Selandia Baru pada hari tersebut. Dengan perolehan satu emas dan satu perak, Malone mengokohkan negara kelahirannya itu untuk bercokol di posisi ketujuh perolehan medali sementara dengan tujuh emas, tiga perak, dan tiga perunggu.

Sebelumnya, Malone meraih medali perak setelah dikalahkan atlet Britania Raya, Jonnie Peacock, di nomor lari 100 meter T43/44. Ia berterima kasih atas bantuan masyarakat Selandia Baru yang memberinya sepasang kaki palsu, atau yang sering disebut blade.


Rekor Oscar Pistorius dilalui oleh Liam Malone.

“Saya tidak akan berada di sini tanpa kaki palsu ini. Saya berterima kasih kepada semua yang 'berinvestasi' kepada saya sejak awal,” ucapnya seperti dilansir BBC.

Oscar Pistorius sendiri adalah salah satu atlet difabel paling populer di dunia karena prestasi gemilangnya. Namun sayang, blade runner asal Afrika Selatan itu kini harus mendekam di penjara selama enam tahun karena menembak mati kekasihnya yang ia kira sebagai orang yang masuk rumahnya tanpa izin.

Penulis: Arum Kusuma Dewi