Peparnas Jabar 2016

Jawa Timur Bidik Rekor di Peparnas Jabar 2016

Rabu, 12 Oktober 2016 11:55 WIB
Kontributor: Fajar Kristanto | Editor: Ramadhan
 Copyright:

Usai gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 Jawa Barat, Jatim masih akan turun di ajang Peparnas. Sebagai informasi, Peparnas merupakan ajang kompetisi yang menyerupai PON, namun dikhususkan bagi atlet penyandang disabilitas di Indonesia.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan (Dispora) Jatim, Supratomo berharap para atlet bisa memberikan prestasi terbaik dengan merebut juara dan memecahkan rekornas. Selain itu, Jatim menargetkan untuk memperbaiki peringkat.

“Harapan saya atlet Jatim bisa mencetak rekor nasional dan memperbaiki peringkat Jatim di Peparnas Jabar,” katanya saat ditemui usai pelepasan kontingen Peparnas Jatim di Gedung Badan Kerjasama Kegiatan Kesejahteraan Sosial (BK3S) Jatim, Surabaya.

Untuk diketahui, saat berlaga di Peparnas XIV/2012 Riau lalu, Jatim berada di peringkat ke-9 dengan meraih 13 emas, 18 perak, dan 17 perunggu. Sedangkan juara umum direbut Jateng yang menggondol 90 emas, 55 perak, dan 42 perunggu.

Lebih lanjut, Supratomo berharap keberhasilan kontingen Jatim di Pekan Paralimpik Pelajar Nasional (Peparpenas) yang berhasil meraih juara umum di Peparpenas Bandung 2015 bisa menjadi pemicu semangat atlet.

“Mereka yang dikirim ke Bandung itu sudah melalui proses seleksi,” lanjutnya.

Pada kesempatan yang sama, manajer kontingen Peparnas Jatim, Roy Soselisa optimistis perwakilan daerah dengan motto ‘Jer Basuki Mawa Bea’ itu bisa menembus 5 besar.

Guna memenuhi target tersebut, Jatim diperkuat 94 atlet yang terdiri dari 81 atlet putra dan 13 atlet putri dengan didampingi 46 ofisial.

“Semoga target itu berhasil,” harapnya.

Perhelatan Peparnas 2016 bakal mempertandingkan 13 cabang olahraga (cabor) paralimpik. Di antaranya ada angkat berat, atletik, bola voli duduk, bulutangkis, catur, goalball, judo, panahan, renang, sepakbola cp, tenis lapang kursi roda, tenis meja, serta tenpin bowling.

“Jatim turun di 9 dari 13 cabor yang dipertandingkan. Kami akan tampil di cabor atletik, bola voli duduk, bulutangkis, catur, panahan, judo, tenis meja, sepakbola cp, dan renang,” jelas Roy.

Pertandingan Peparnas akan digelar di sejumlah lokasi. Antara lain cabang olahraga atletik di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), kemudian bulutangkis di GOR Lodaya, judo di GOR Pajajaran, panahan di lapangan atletik Pajajaran, renang di kolam renang UPI, dan lainnya.