Peparnas Jabar 2016

Kompetisi Masih Berlangsung, Tuan Rumah Kuasai Perolehan Medali Peparnas

Sabtu, 22 Oktober 2016 00:03 WIB
Penulis: Ginanjar | Editor: Mitjanna Lotusina Rangkuti
 Copyright:

Pertandingan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV/2016 belum berakhir. Namun Jawa Barat sudah dipastikan keluar sebagai juara umum.

Bagaimana tidak, saat ini tim asal tanah pasundan ini sudah mengantongi 154 medali emas, 87 perak, dan 63 perunggu. Sedangkan peringkat dua yang ditempati Jawa Tengah baru meraih 59 medali emas, 61 perak, dan 47 perunggu.

Tentu saja perbandingan medali yang cukup jauh ini membuat posisi Jabar di puncak papan klasemen Peparnas XV/2016 tetap aman dan sudah tidak mungkin lagi terkejar.

Ketua Umum National Paralympik Committe Indonesia (NPCI) Jawa Barat Ukun Rukaendi mengatakan titel juara umum yang telah diraih Jabar di Peparnas XV/2016 ini merupakan hasil kerja keras dari semua pihak dari mulai atlet, pelatih, ofisial, hingga dukungan pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"Kita sudah tiga kali dengan ini berarti menjadi juara umum di Peparnas. Tapi saya kira gelaran ini sangat spesial bahkan bisa dibilang gelaran terbaik sepanjang masa," ujar Ukun di Trans Studio Mall (TSM) Bandung, Jumat, (21/10/16).

Ukun mengaku prestasi juara umum sudah diprediksi sebelumnya. Akan tetapi ia enggan terlalu percaya diri terlebih beberapa cabang olahraga bukan merupakan andalan Jabar.

"Tapi pada kenyataannya kita bisa melewatinya. Bahkan beberapa cabang olahraga seperti judo, panahan, renang, bulutangkis, dan lainnya bisa menjadi juara umum," katanya.

Ukun berharap pencapaian ini bisa dipertahankan atau bahkan ditingkatkan oleh para atletnya. Sebab dalam waktu dekat para atletnya ini akan dihadapkan dengan kejuaraan yang lebih tinggi, baik level Asia maupun dunia.

"Kita berharap atlet kita ini juga bisa berprestasi di kejuaraan Internasional, bisa menjadi yang terbaik," harapnya.