Ask The Expert

Tips Menghindari Cedera di Olahraga Loncat Indah

Rabu, 2 November 2016 10:59 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Yohanes Ishak
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
 Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT

Olahraga loncat indah sendiri merupakan cabang olahraga yang menyerupai akrobatik udara dan loncatan. Pada dasarnya loncat indah terdiri dari loncatan atau pantulan, sebelum akhirnya sang atlet masuk ke dalam air.

Cabang olahraga loncat indah sendiri dipertandingkan di event olahraga internasional sekelas olimpiade. Para atlet loncat indah akan menunjukkan keindahan serta kesempurnaan gerakan mereka ketika melompat hingga akhirnya jatuh secara sempurna ke dalam air.

Dalam gerakan loncat indah, ternyata terdapat dua gerakan yang membedakan. Di mana kedua tangan terlebih dahulu yang masuk air hingga anggota badan lain mengikutinya. Atau bisa juga kedua kaki terlebih dahulu yang masuk air diikuti anggota badan yang lain.

Meski terlihat seperti hanya melompat dan masuk ke dalam air, ternyata olahraga loncat indah ini memiliki risiko cedera yang cukup tinggi. Bahkan, tak tanggung-tanggung, sedikit kesalahan saja dapat berakibat fatal dan menyebabkan cedera serius.

Seperti yang diutarakan oleh pelatih loncat indah kontingen Indonesia, Harly Rahmayani. Menurutnya, seorang atlet loncat indah harus benar benar memperhatikan hal sekecil apapun sebelum melompat.

"Loncat indah itu memiliki bahaya dan tingkat cedera yang cukup besar. Makanya saya tidak mau karena hal kecil jadi menyebabkan si atlet tidak bisa berprestasi kedepannya," ucap Harly kepada INDOSPORT.

Paham dengan risiko cedera yang cukup besar, Harly menjabarkan kepada INDOSPORT hal apa saja yang harus dilakukan dan disiapkan guna menghindari cedera ketika melakukan olahraga loncat indah.

Berikut hal-hal yang harus diperhatikan dalam olahraga loncat indah untuk menghindari cedera kepada INDOSPORT:

21