Asian Games 2018

Jadi Tuan Rumah Asian Games 2018, Palembang Siap Bangun 'Mega Super Transportasi'

Senin, 14 November 2016 05:36 WIB
Kontributor: Muhammad Effendi | Editor: Tengku Sufiyanto
 Copyright:

Dalam rangka menjadi tuan rumah Asian Games 2018, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan dan Pemkot Palembang terus menggenjot pembangunan infrastruktur. Salah satunya muncul gagasan pembangunan mega super transportasi.

Mega super transportasi yang dimaksud adalah penggabungan Light Rail Transit (LRT) dengan Transmusi. Dengan terhubungnya halte transmusi dengan halte LRT, maka akses transportasi masyarakat akan semakin lancar.

Hal ini ditegaskan Kepala Dinas Perhubungan Kota Palembang, Sulaiman Amin, Minggu (13/11/16). Menurutnya, usulan tersebut sudah disampaikan kepada Kemenhub RI.

"Saat ini kita berupaya mengusulkan kepada Kementerian agar stasiun LRT bisa diintegrasikan dengan halte Transmusi," katanya.

"Misalnya naik LRT dan turun di PS ada yang mau ke Basuki Rahmat bisa langsung menyambung mobil Transmusi," lanjutnya.
 


Salah satu venue Asian Games 2018, Stadion Jakabaring, Palembang.

Namun, pihaknya saat ini masih menunggu persetujuan dari Kemenhub RI, apakah hal tersebut disetujui atau tidak? Sebab, pembangunannya akan membuat Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) dibongkar, sehingga membuat masyarakat susah untuk menyeberang.

"Kita minta kepada masyarakat untuk menyeberang di zebra cross dengan hati-hati, jika proyek ini terlaksana demi kesuksesan Asian Games 2018."

Sebagai informasi tambahan, LRT adalah satu sistem Kereta Api Penumpang yang beroperasi dikawasan perkotaan yang konstruksinya ringan dan bisa berjalan bersama lalu lintas lain atau dalam lintasan khusus. Sementara itu, Transmusi sistem transportasi berjenis Bus Rapid Transit (BRT) di Kota Palembang atau setara dengan Transjakarta.