Sisihkan Lebih dari 200 Peserta, Pecatur Cilik Indonesia Juara di Malaysia

Satu lagi talenta muda Indonesia berhasil membuat bangga bangsa. Aditya Bagus Arfan, seorang pecatur cilik sanggup menjadi juara turnamen catur internasional di Malaysia, Minggu (11/12/16).
Minggu, 11 Desember 2016 14:48 WIB
Editor: Rizky Pratama Putra
© Grafis: Muproni/INDOSPORT-Internet
Aditya Bagus Arfan kembali menjadi juara di Kejuaraan Catur Internasional di Malaysia. Copyright: © Grafis: Muproni/INDOSPORT-Internet
Aditya Bagus Arfan kembali menjadi juara di Kejuaraan Catur Internasional di Malaysia.

Aditya Bagus Arfan sukses menjadi juara di Kejuaraan Catur Internasional di Penang Malaysia. Aditya sanggup menysihkan 230 peserta lain di kelas challenger.

Pecatur berusia 10 tahun ini mengawali kejuaraan dengan modal elo rating 1400. Hal ini membuatnya berada di posisi 54 starting line up kejuaraan.

Aditya sukses melaju hingga menempati posisi kelima terbaik. Poin yang diterima Aditya menjadi yang tertinggi di kelas usianya.

Hal ini memastikan Aditya menggondol emas di kejuaraan tersebut. Kejuaraan ini sendiri terbagi menjadi dua kategori, Open dan Challenger.

Aditya Bagus Arfan menjadi salah satu pecatur muda masa depan Indonesia.

Kategori Open dikhususkan untuk para peserta yang memiliki elo rating di atas 2000. Sementara kategori Challenger dikhususkan untuk para peserta dengan elo rating di bawah 2000.

Prestasi ini merupakan salah satu pencapaian terbaik Aditya selama kariernya. Sebelumnya, Aditya berhasil mengalahkan Eugenio Torre, Grandmaster Asia pertama asal Filipina.

Saat itu, Aditya mampu mengalahkan Torre saat usianya masih 9 tahun. Padahal, Utut Adianto, salah satu legenda catur Tanah Air, baru mampu menundukkan seorang Grandmaster Asia pada saat berusia 13 tahun.