Asian Games 2018

Asian Games Tinggal 2 Tahun Lagi, Dewan Olimpiade Asia Mulai Berkantor di Jakarta

Rabu, 14 Desember 2016 12:47 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

Dewan Olimpiade Asia (OCA) mulai berkantor di Jakarta, Indonesia, untuk melancarkan persiapan Asian Games 2018 yang diselenggarakan pada 18 Agustus sampai 2 Desember 2018 mendatang di Palembang dan Jakarta.

"Keberadaan kantor ini sangat diperlukan karena kami semua membutuhkan kerja sama yang erat untuk memastikan Asian Games bisa berjalan sesuai dengan rencana," ujar Wakil Presiden Kehormatan OCA, Wei Jizhong di Kantor OCA, Senayan, Jakarta, Selasa (13/12/16) kemarin seperti dilansir dari Antara.

Wei melanjutkan, demi berhasilnya Asian Games 2018, pemerintah Indonesia, Panitia ASEAN Games Indonesia (INASGOC), Komite Olimpiade Indonesia (KOI), juga OCA harus terus menjalin komunikasi.


Wakil Presiden Kehormatan OCA, Wei Jizhong.

Meski menurut Wei pembangunan dan perbaikan lokasi penyelenggaraan Asian Games 2018 sudah menampakkan perkembangan positif, tidak ada alasan untuk mengendurkan usaha.

"Jangan lagi menunggu-menunggu, sebab Indonesia sudah menunjukkan langkah yang jauh ke depan," tutur pria berkebangsaan China itu.

Ketua Umum KOI sekaligus Presiden INASGOC, Erick Thohir menyambut baik keputusan OCA untuk berkantor di Indonesia. Erick mengatakan pihaknya siap menerima saran dari OCA demi berjalannya Asian Games.

"Kami ingin persiapan lancar tanpa tersendat, apalagi pada tahun 2017 sudah ada uji coba Asian Games di semua lokasi yang saat ini sedang dibangun dan direnovasi," kata Erick.


Erick Thohir keputusan OCA yang berkantor di Jakarta bisa memperlancar persiapan Asian Games 2018.

Senada dengan Erick, Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga merangkap Kepala Komunikasi Publik Kemenpora Gatot Dewa Broto juga mengapresiasi kantor perwakilan OCA di Indonesia.

Gatot menuturkan, keberadaan OCA bisa mempercepat dan membuat persiapan kejuaraan multicabang tingkat Asia itu menjadi lebih baik.

"Persiapan dan pelaksanaan Asian Games 2018 merupakan kerja sama banyak pihak juga berbagai kementerian. Selain itu jangan lupakan pula pembangunan sarana terintegrasi seperti LRT, karena itu penting sebagai pendukung acara," kata Gatot.

Terkait kejuaraan uji coba Asian Games yang diadakan pada 2017, pemerintah sedikitnya mengundang 20 negara di Asia dan mempertandingkan 10 cabang olahraga yaitu atletik, panahan, basket, bulu tangkis, tinju, sepakbola, pencak silat, taekwondo, bola voli dan angkat besi.