Asian Games 2018

Selain Jakarta dan Palembang, Jabar Juga Tuan Rumah Asian Games 2018

Jumat, 16 Desember 2016 05:52 WIB
Editor: Gema Trisna Yudha
 Copyright:

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa memastikan Jawa Barat turut menjadi tuan rumah bagi penyelenggaraan Asian Games 2018. Menurutnya, lima stadion sepakbola di Provinsi Jawa Barat akan dipakai untuk pelaksanaan cabang olahraga sepakbola di ajang empat tahunan tersebut.

"Jadi dalam rapat 5th Olympic Council of Asia (OCA) Coordination Meeting yang dipimpin oleh Ketua OCA dan Menko PMK Ibu Puan Maharani di Jakarta kemarin, lahir kepastian bahwa sejumlah venue di Jabar akan menggelar cabang olahraga Asian Games," kata Iwa Karniwa.

Kelima stadion tersebut adalah Stadion Pakansari Kabupaten Bogor, Wibawa Mukti Kabupaten Bekasi, Patriot Kota Bekasi, Jalak Harupat Kabupaten Bandung dan GBLA Kota Bandung.

"Untuk laga finalnya belum ada informasi, sementara keputusannya itu. Kami menyatakan siap menggelar Asian Games," kata dia.

Selain itu, lanjut dia, Provinsi Jawa Barat juga siap menjadi tempat pelaksanaan pertandingan cabang olahraga lainnya untuk Asian Games 2018 seperti cabang olahraga sepeda BMX.

"Lalu ada juga untuk cabang paralayang Asian Games juga akan digelar di Gunung Mas, Bogor," kata dia.

Ia mengatakan pada awalnya Kabupaten Sumedang yang pada PON 2016 lalu menggelar cabang tersebut diajukan sebagai tuan rumah. Namun karena pertimbangan jarak, waktu tempuh, dan akomodasi, maka venuenya dipindah ke Bogor.

261