Kini Peringkat 17, Federer Positif Sukses di Australia Terbuka

Usai absen karena cedera, Roger Federer terjungkal ke peringkat 17 dunia, posisi terendahnya sejak 2001. Namun ia positif bisa sukses menghadapi turnamen-turnamen selanjutnya untuk merebut kembali posisi puncak, Rabu (11/01/17).
Rabu, 11 Januari 2017 13:02 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Internet
Roger Federer tanding perdana di Piala Hopman 2017. Copyright: © Internet
Roger Federer tanding perdana di Piala Hopman 2017.

Dengan peringkat 17 tersebut, Federer kemungkinan akan mendapat lawan dari salah satu unggulan teratas di babak awal Australia Terbuka 2017. Namun petenis 35 tahun tersebut tidak melihatnya sebagai hal negatif.

"Saya harap itu tak menjadi masalah untuk saya karena saya bermain bagus, sehingga tidak masalah siapa pun yang akan menghadapi saya," ujarnya kepada CNN.

Pengoleksi 17 gelar Grand Slam tersebut lebih mengkhawatirkan staminanya. Tentu di usia yang tak bisa terbilang muda sebagai seorang atlet, stamina tentu tak seenergik dulu. 

"Mungkin malah bagus saya melawan petenis jago di babak awal sehingga saya masih punya energi banyak. Yang jadi pertanyaan, berapa banyak energi tersisa dalam game lima set atau setelah game sengit beruntun?"


Roger Federer dikalahkan petenis muda Jerman, Alexander Zverev di Piala Hopman 2017.

Petenis Swiss ini baru saja comeback ke lapangan setelah cedera lutut yang memaksanya beristirahat selama enam bulan. Ia menjalani pertandingan perdana usai absen di turnamen Piala Hopman 2017 pekan lalu. Meski belum juara, ia menganggapnya sebagai awal yang baik.

"Saya senang bisa kembali. Enam bulan waktu yang lama, tapi jika Anda melihatnya dalam konteks 20 tahun berkarier, enam bulan tiba-tiba terasa sebentar," pungkasnya.