Mengintip Surga Pangkalpinang: Negeri Pesisir Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Motocross MXGP 2017

Indonesia yang diwakili Kota Pangkalpinang di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendapatkan kehormatan menjadi tuan rumah gelaran bergengsi Kejuaraan Dunia Motocross atau Motocross Grand Prix (MXGP) 2017. Ibu kota Negeri Laskar Pelangi ini pun bakal jadi sorotan dunia dengan sederet pesona pantai bak kepingan surga, Minggu (15/01/17).
Minggu, 15 Januari 2017 14:32 WIB
Editor: Ramadhan
© INTERNET
Bangka Belitung Copyright: © INTERNET
Bangka Belitung

Indonesia, khususnya Kota Pangkalpinang, Ibu Kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung patut berbangga, karena sebentar lagi siap mengguncang dunia lewat hajatan Kejuaraan Dunia Motocross atau Motocross Grand Prix (MXGP) 2017. Sebuah event yang tak kalah gengsi dengan ajang MotoGP.

Kehadiran MXGP di Pangkalpinang tentu sedikit mengobati kegelisahan publik Tanah Air, apalagi setelah pembalap kebanggaan Indonesia, Rio Haryanto kemungkinan besar tak berlaga di Formula 1 musim 2017, terlebih soal ketidakpastian Indonesia menjadi tuan rumah MotoGP.

Berdasarkan kalender MXGP 2017, seri kedua dari event ini bakal berlangsung pada 4-5 Maret 2017 di Area Sport Center GOR Sahabudin, Kota Pangkalpinang.

"Persiapan MXGP 2017 di Pangkalpinang sudah mencapai 80 persen. Sirkuit akan dibangun di area GOR Sahabudin," kata Alfonso Judiarto selaku panitia lokal dan promotor nasional MXGP 2017 Pangkalpinang kepada INDOSPORT.

Dengan begitu, sudah bisa dipastikan sederet pembalap motorcross terbaik dari seluruh dunia bakal hadir, seperti Tim Gajser (Slovenia), Antonio Cairoli (Italia), Maximilian Nagi (Jerman) serta crosser wanita, Livia Lancelo (Prancis), Nancy Van de Ven (Belanda).

Adapun kelas yang bakal dipertandingkan di ajang ini adalah MXGP 450 cc, MX2 250 cc, dan MX Women. Khusus untuk MX Women, kejuaraan di Pangkalpinang ini merupakan seri pertama. Rencananya, akan ada puluhan pembalap kelas dunia dari total 27 negara yang meramaikan event ini.

Hasil gambar untuk MXGPAksi para pembalap motocross dunia saat tampil di perhelatan Motocross Grand Prix (MXGP).

Aksi ekstrim para crosser dunia di Pangkalpinang sendiri akan berlangsung setelah gelaran seri pertama MXGP 2017 di Sirkuit Losail, Qatar, 25 Februari 2017. Kabar gembira ini tentu harus disambut antusias oleh masyarakat Indonesia, Bangka Belitung, dan Pangkalpinang khususnya.

Memang ajang balapan motocross bukanlah hal baru bagi warga Bangka Belitung. Bahkan Negeri Laskar Pelangi ini sudah cukup akrab dengan ajang balapan ekstrim tersebut meski dengan skala lokal maupun nasional.

Sejumlah daerah di Bangka Belitung memiliki sirkuit motocross sendiri, bahkan ada beberapa yang memiliki sirkuit di pinggir pantai, seperti Sirkuit Pantai Pasir Padi di Pangkalpinang dan Sirkuit Karang Jahe di Pantai Tanjung Langka, Koba-Bangka Tengah.

Bangka Belitung juga memiliki sirkuit-sirkuit motocross lainnya seperti Sirkuit Air Panas Nyelanding dan Sirkuit Desa Bencah di Bangka Selatan, Sirkuit Pasir Putih di Belitung, dan banyak lagi.

Awak INDOSPORT sempat menjajal tanah Pangkalpinang beberapa waktu yang lalu, mengunjungi cikal bakal sirkuit MXGP 2017 yang saat ini tengah dalam tahap pembangunan. Sepanjang mata memandang, Pangkalpinang sudah pasti bakal menyedot perhatian dunia.

Hasil gambar untuk sirkuit pasir padiSalah satu aksi pembalap lokal saat menjajal balapan motocross di Sirkuit Pasir Padi, Kota Pangkalpinang.

Bukan hanya dari event MXGP 2017 saja, tapi ada sederet panorama indah alam serta pantai di Pangkalpinang, yang bakal menjadi primadona lain dari gelaran tersebut. Ya, Pangkalpinang bagian dari Negeri Laskar Pelangi, negeri pesisir yang elok dan bakal mendunia.

INDOSPORT akan mengulas sisi lain dari panorama Pangkalpinang sebagai tuan rumah Kejuaraan Dunia Motocross 2017. Kami juga akan mengajak pembaca setia masuk menelusuri visual dari deretan pantai di Bumi Serumpun Sebalai yang siap jadi destinasi pendukung di gelaran MXGP 2017.