Pesan Tersembunyi dalam Logo Tim, Kejuaraan, dan Merek Olahraga

Rabu, 25 Januari 2017 07:33 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
 Copyright:

Logo merupakan bagian penting dari sebuah brand perusahaan, dalam konteks ini yaitu klub, kompetisi dan merek olahraga, yang menunjukkan identitas perusahaan tersebut.

Secara harfiah, logo dan simbol sebenarnya dua hal yang berbeda. Logo adalah sebuah kata, berasal dari kata logotype yang berarti kata yang tercetak, sedangkan simbol adalah gambar.

Kendati secara makna harfiah berbeda, hal itu tidak jadi masalah karena opini yang terbentuk sejak lama membuat banyak orang menggunakan logo untuk mendeskripsikan sebuah simbol. Toh secara keseluruhan, opini yang terbentuk secara massive itu tidak berpengaruh banyak, apalagi sudah umum ditemukan perpaduan antara logo dan simbol.


Logo Coca-Cola yang sudah terkenal di seluruh penjuru dunia.

Adapun contoh logo misalnya logo Google, Coca-Cola, Sony, Samsung, dan lain-lain. Sedangkan simbol dapat dilihat pada simbol Apple, Indosat, Ferrari, Garuda, dan sebagainya.

Tidak jarang ditemukan ada pula yang memadukan antara logo dan simbol, memadukan logotype dengan gambar/simbol. McDonalds misalnya. Perusahaan yang bergerak di bidang food and beverages (F&B) itu memadukan typography dengan gambar sehingga terbentuk identitas yang diinginkan oleh si pengelola perusahaan.

Logo biasanya dibuat semenarik mungkin atau malah sesederhana mungkin, yang mudah diingat, yang menjadi trademark, atau yang rumit sehingga mudah diingat. Dan itu lah sejatinya yang menjadi tujuan dibalik penciptaan logo - supaya orang-orang mudah mengingatnya.

Dalam sajian kali ini, INDOSPORT akan memberikan beberapa 'merek' ternama di dunia olahraga yang menyimpan pesan tersembunyi.

413