Target Rampung Oktober 2017, Menpora Ungkap Kondisi Teranyar GBK

Minggu, 19 Februari 2017 20:03 WIB
Penulis: Lanjar Wiratri | Editor: Ahmad Priobudiyono
 Copyright:

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, mengungkapkan jika tak ada masalah terkait renovasi dan pembangunan venue untuk Asian Games 2018. Imam bahkan mengklaim renovasi GBK justru melebihi target yang telah ditetapkan sebelumnya.

"Gak ada soal venue sesuai target, bahkan melebihi. Penyelesaian renovasi GBK target Februari 46 persen sekarang malah sudah 47,9 persen. Untuk venue Palembang dan lain semua nanti akan dilaporkan di rapat Komite Koordinasi (Corcomm) di Palembang, 5 atau 6 Maret nanti," ujar Imam.

Pihak panitia penyelenggara Asian Games di Indonesia (INASGOC) sendiri telah menemui pihak Komite Olimpiade Asia (OCA) untuk melaporkan progress persiapan pesta olahraga terbesar se-Asia tersebut.


Stadion Gelora Bung Karno, Senayan.

Presiden INASGOC Erick Thohir yang didampingi oleh Gatot S Dewa Broto selaku Vice President II INASGOC dan Ben Perkasa Drajat selaku Wakil Dubes RI di Tokyo, serta  beberapa pimpinan INASGOC dan staf telah memaparkan tingkat kemajuan persiapan penyelenggaraan Asian Games 2018.

Menurut Gatot, tak ada respon negatif dari OCA saat mereka melakukan pemaparan seperti jumlah cabor yang dipertandingkan. Selain 44 cabor yang dipertandingkan, mereka juga memaparkan kesiapan infrastruktur dan tes event pada November 2017 mendatang.

"Sosialisasi masif  tentang Asian Games yang akan dimulai pertengahan 2017 seperti penggunaan beragam kreasi logo dan maskot di badan pesawat GA, KA, LRT dan MRT, bangunan-bangunan tinggi perkantoran, fasilitas umum, tower-tower rencana LRT di kawasan GBK yang idle (karena belum dimanfaatkan, sehingga akan harus dibungkus dengan kreasi logo dan maskot Asian Games 2018) dan lain sebagainya,” tulis Gatot dalam keterangan resminya.

OCA pun mengapresiasi tingkat kemajuan Indonesia tersebut. Hanya saja OCA tetap menyoroti mengenai tingkat kemacetan di sekitar GBK dan arah mobilisasi dari dan ke Wisma Atlet di Kemayoran. GBK direncanakan akan rampung direnovasi pada Oktoiber 2017 untuk kemudian dipergunakan dalam rangkaian test event jelang Asian Games.