Bola Internasional

Nike Dukung Olahraga Perempuan di Timur Tengah

Rabu, 22 Februari 2017 00:59 WIB
Editor: Gerry Anugrah Putra
© Nike
Nike kampanyekan aktivitas olahraga yang dilakukan wanita timur tengah Copyright: © Nike
Nike kampanyekan aktivitas olahraga yang dilakukan wanita timur tengah

Salah satu perusahaan sekaligus produsen pakaian dan alat-alat olahraga, Nike, baru saja merilis sebuah video kampanye terbarunya. Menariknya, video yang diunggah lewat akun Twitter resmi perusahaan Nike di Timur Tengah, @NikeMiddleEast, tersebut tidak hanya memiliki tujuan komersial.

Pasalnya, video inspiratif berjudul “what will they say about you?” atau yang diartikan “apa yang akan mereka katakan tentangmu?” ini juga bertujuan mengampanyekan kesetaraan dan dukungan bagi olahraga perempuan di Timur Tengah. 

Film pendek yang berdurasi sekitar satu menit sepuluh detik tersebut menunjukkan sejumlah perempuan yang melakukan berbagai aktivitas olahraga. Mulai dari lari, skateboard, berkuda, sepakbola, anggar, parkour, tinju, ice skating, hingga menaiki motor. 

Video kampanye ini seolah ingin memotivasi para perempuan untuk melawan stereotip gender dan ketakutan yang membatasi ruang gerak serta partisipasi mereka dalam olahraga.

Dilansir dari The Arab News, video tersebut dibintangi sejumlah atlet perempuan profesional dan amatir dari berbagai negara Timur Tengah. Beberapa diantaranya terdapat pelatih parkour, Amal Mourad, lalu atlet ice skating Zahra Lari asal Uni Emirat Arab, petinju Yordania Arifa Bseiso, atlet anggar asal Tunisia Ines Boubakri, dan beberapa atlet perempuan lainnya. 

Video ini mendapatkan beragam tanggapan, baik positif maupun negatif, dari para pengguna Twitter. Hal ini terlihat dari komentar-komentar pada laman Twitter resmi di mana video tersebut diunggah. Meski begitu, mayoritas dari mereka menunjukkan apresiasi positif terhadap pesan moral yang terkandung dalam film pendek itu.

Penulis: Nindhitya Nurmalitasari

142