SEA Games 2017

Jelang SEA Games, Atlet Renang Indonesia Terbang ke Jepang

Selasa, 28 Februari 2017 15:24 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatnas renang Indonesia. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatnas renang Indonesia.

Pada Agustus 2017 mendatang, Indonesia akan ikut ambil bagian dalam ajang multi-event terbesar di kawasan Asia Tenggara, yaitu SEA Games 2017. Kompetisi itu sendiri akan berlangsung selama 12 hari di Kuala Lumpur, Malaysia.

Berbagai persiapan pun sudah dilakukan oleh sejumlah atlet cabang olahraga (cabor) yang akan tampil di kompetisi yang sudah berlangsung sejak 1959 silam tersebut. Salah satunya dari cabor renang.

Selain melakukan latihan rutin, para atlet terpilih yang nantinya mewakili Indonesia di ajang SEA Games ternyata juga akan mengikuti sebuah turnamen lain sebagai ajang uji coba. Turnamen itu sendiri akan berlangsung Jepang mulai dari 28 sampai 31 April 2017.

Sebanyak 10 atlet pelatnas renang akan berlaga di Jepang.

Hal itu seperti diungkapkan oleh Wakil Komisi Teknik Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI), Selvy Melowa saat berada di Makassar, Sulawesi Selatan.

"Kejuaraan Japan Open 2017 merupakan ajang pertama Timnas  renang sebagai persiapan SEA Games 2017 dan Asian Games 2018. Kami berharap seluruh atlet bisa memanfaatkan kesempatan ini secara maksimal," ujarnya Selvy seperti dikutip dari Antara.

Tercatat terdapat 10 orang atlet yang sudah dinyatakan lolos seleksi Timnas di SEA Games 2017 yang akan berlaga di ajang Japan Open 2017. Mereka adalah Claudia Megawati Suyanto, Anisa Feritriani, Petra Septaria, Pratiwi Adhiati, Maharani Sekar Langit, Amara Cinthia G., Naima Syeeda, Visky Sekar Floreta Pribadi, Iin Ramadhania, dan Nurfa Nurul Utami.

Nantinya, 10 atlet tersebut akan didampingi oleh dua orang pelatih asal Indonesia, Ragil Sugiresti Andayan, Dhanissa Wahyundari dan satu orang pelatih asal Rusia, Anna Nasekina.

Kompetisi di Jepang diharap bisa menjadi ajang persiapan atlet renang Indonesia sebelum tampil di Sea Games 2017.

Dalam kesempatan itu, Selvy pun berharap para atlet yang berlaga di Japan Open 2017 bisa mendapat pengalaman berharga, sekaligus mempersiapkan mental mereka sebelum tampil di SEA Games 2017.

"Seluruh atlet yang dinyatakan lolos dan telah bergabung dalam pelatnas akan diberangkatkan pada agenda try out nanti. Mudah-mudahan keterlibatan atlet di kejuaraan internasional itu semakin meningkatkan kemampuan dan kualitasnya," tutupnya.