Asian Games 2018

Panpel Asian Games Mulai Bahas Teknis dan Peraturan

Sabtu, 4 Maret 2017 13:21 WIB
Penulis: Lanjar Wiratri | Editor: Hendra Mujiraharja
 Copyright:

Pihak panitia untuk pertama kalinya akan menggelar Technical Delegate Meeting (TDM) Asian Games 2018 di Jakarta. Dalam TDM tersebut, nanti akan dibahas semua aturan dan teknis pertandingan dari 42 cabang olahraga yang akan dimainkan di Jakarta-Palembang, Sabtu (04/03/2017).

Rapat yang berada di bawah koordinasi dari tugas dan fungsi Deputy I Games Operation ini, akan diikuti 74 delegasi teknis benua Asia, yang mewakili induk organisasi atau federasi cabang-cabang yang akan dipertandingkan di Asian Games 2018.

Kegiatan ini tak hanya melibatkan INASGOC sebagai panitia penyelenggara untuk masalah teknis pertandingan yang menyangkut venue dan jadwal kompetisi, tapi juga  Dewan Olimpiade Asia (OCA) akan memberikan arahan mengenai kebijakan teknis, buku  panduan pertandingan, serta aturan pertandingan cabang olahraga yang berlaku.

"Pelaksanaan rapat delegasi teknis pertama ini sangat penting bagi INASGOC karena semua hal yang berkaitan dengan pertandingan, mulai dari venue, jadwal entry form by sport, number, dan name akan dibahas," ujar Deputi I, Games Operation INASGOC, Raja Parlindungan Pane.

"Kami akan berdikusi banyak hal dengan pihak OCA agar pelaksanaan pertandingan Asian Games 2018 sesuai standar dan aturan yang berlaku," tambahnya.

Selain di luar teknis pertandingan, dalam TDM juga akan dibahas pelayanan akomodasi, board and lodging, serta transportasi untuk ofisial, wasit internasional, pelatih, dan atlet yang mencapai 15 ribu personil pada pelaksanaan Asian Games 2018 nanti. Pelayanan akomodasi dan transportasi bagi delegasi teknis dan wasit internasional  sangat vital demi kelancaran semua pertandingan.

Direktur Komisi Teknis Cabang Olahraga INASGOC, Lukman Niode, mengungkapkan jika TDM pertama Asian Games 2018 nantinya akan ditutup dengan tinjauan ke kawasan venue Asian Games di kawasan Gelora Bung Karno (GBK).

"Dalam TDM ini, setiap delegasi teknis cabang olahraga akan memulai koordinasi pertama dengan INASGOC sebagai panitia pelaksana, manajer kompetisi, dan juga manajer venue atau tempat pertandingan," ujar Lukman.

"Usai rapat, kegiatan TDM akan ditutup dengan kunjungan ke venue pertandingan yang ada di kawasan Gelora Bung Karno," tambahnya.

Venue yang akan ditinjau para delegasi teknis itu mencakup Stadion Utama Gelora Bung Karno, Stadion Atletik Madya, Istora, kolam renang, gedung bola basket, lapangan panahan, dan hoki.

Selain TDM, INASCOC juga akan menggelar rapat Coordination Committee (Coorcom) ke-6 yang berlangsung dua hari di dua lokasi, Palembang pada Minggu (05/03/17) dan di Jakarta keesokan harinya, Senin (06/03/17).