Jadi Venue Asian Games 2018, Palembang Tak Kalah dari Jakarta

Minggu, 5 Maret 2017 13:12 WIB
Penulis: Lanjar Wiratri | Editor: Yohanes Ishak
© Humas INASGOC
Koordinasi Rapat Komite VI Asian Games 2018. Copyright: © Humas INASGOC
Koordinasi Rapat Komite VI Asian Games 2018.

Selain untuk pertama kali dilakukan di Palembang, Sumatera Selatan, kegiatan yang berlangsung Minggu (05/03/17) juga diawali dengan kunjungan ke Jakabaring Sports Complex (JSC) dan baru setelah itu rapat Coorcom digelar di Griya Agung, Palembang.

Delegasi OCA yang dipimpin Ketua Coordination Committee OCA, Tsunekatzu Takeda, juga dihadiri Wakil Presiden Kehormatan OCA, Wei Jizhong, Wakil Presiden OCA, Rita Subowo, Direktur Jenderal dan Direktur Teknis OCA, Husain Al Mussalam, Departemen Asian Games OCA, Haider Farman, serta Ketua Komisi Sports OCA, Song Luzeng akan membahas banyak hal penting.

Mulai dari kemajuan pembangunan venue yang berkaitan dengan pertandingan, finalisasi master plan, hingga finalisasi cabang olahraga serta waktu penyelenggaraan. Kelanjutan hasil kunjungan dan evaluasi delegasi teknis di Jakarta yang meninjau kawasan Senayan, sehari sebelumnya, juga dibahas.

"Coorcom OCA yang kali pertama berlangsung di Palembang sebagai co-host Asian Games 2018 ini sangat strategis. Apalagi bertepatan dengan kunjungan delegasi teknis cabang olahraga dari federasi Asia dan internasional yang akan memberikan banyak masukan," ujar Presiden Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC), Erick Thohir, dalam rilis yang diterima INDOSPORT, Minggu (05/03/17).

"Kompleks olahraga Jakabaring yang memang sudah settle, tidak perlu diragukan lagi. Masukan hanya menyangkut infrastruktur pendukung, seperti transportasi dan akomodasi bagi atlet serta ofisial," tambahnya.

Beberapa anggota OCA saat berkunjung ke Indonesia.

Hal senada juga diungkapkan Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin yang menyatakan bahwa kotanya siap menyambut delegasi OCA yang akan meninjau JSC dan menggelar rapat Coorcom OCA VI di Griya Agung, Palembang.

"Kepada 60 anggota OCA yang akan hadir di Palembang kami akan memperlihatkan pembangunan venue sudah berjalan 70 persen. Begitu pula infrastruktur pendukung seperti Light Rail Transit (LRT) sudah berjalan 40 persen," jelas Alex.

"Kami berharap ini bisa selesai sesuai rencana, yakni enam bulan sebelum Asian Games dimulai. Intinya, kami siap memukau OCA," tambah orang nomor satu di Sumatera Selatan tersebut.

Palembang sebagai co-host Asian Games 2018 diagendakan menggelar 11 cabang olahraga. Sebagian akan digelar menyeluruh, sejak babak penyisihan hingga final, seperti kano/kayak, dayung, menembak, triatlon, sepak takraw, dan olahraga panjat tebing.

Sementara cabang  sepak bola, bola voli, soft-tenis, tenis, dan bola basket akan digelar untuk babak penyisihan saja.