Asian Games 2018

Jadi Tuan Rumah Asian Games 2018, Indonesia Dilarang Keras Tiru Brasil

  • Indonesia menghabiskan dana besar untuk menjadi tuan rumah Asian Games 2018.
  • Sejumlah fasilitas yang dibangun diharapkan dapat tetap dimanfaatkan usai perhelatan Asian Games 2018.

Senin, 6 Maret 2017 21:25 WIB
Penulis: Lanjar Wiratri | Editor: Gema Trisna Yudha
Humas INASGOC
OCA dan INASGOC memantau persiapan Asian Games 2018 Copyright: Humas INASGOC
OCA dan INASGOC memantau persiapan Asian Games 2018

Berbagai venue dan fasilitas termasuk tempat tinggal atlet dibangun dengan dana besar untuk menyambut Asian Games 2018.

Seluruh Venue Asian Games 2018 diharapkan dapat tetap diberdayakan meski gelaran tersebut telah berakhir nantinya.

Rapat koordinasi komite (Coorcom) jelang Asian Games 2018 ke-VI digelar hari ini, Senin (06/03/17). Dalam rapat disinggung pula soal pemberdayaan bangunan usai gelaran Asian Games 2018.

Bukan rahasia lagi jika Indonesia mengeluarkan dana yang tak sedikit untuk membangun berbagai fasilitas penunjang untuk Asian Games 2018. Mulai dari wisma atlet Kemayoran, hingga pembangunan venue olahraga, dan renovasi.

Sejumlah venue direnovasi untuk penyelenggaraan pertandingan Asian Games 2018.

Melihat hal tersebut, Presiden Panitia Penyelenggaran Asian Games 2018 (INASGOC), Erick Thohir, ingin agar nantinya fasilitas untuk Asian Games 2018 dapat digunakan masyarakat usai ajang tersebut berakhir. 

Erick tak ingin Indonesia mengikuti jejak Brasil yang justru mengabaikan bangunan-bangunan mahal usai berakhirnya Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro.

"Venue ini di luar kendali saya. Saya sebagai ketua panitia ingin venue jangan hanya jadi, tapi harus sesuai dengan standar internasional," ujar Erick usai rapat Coorcom di Jakarta.

"Venue-venue ini bisa menjadi ruang publik yang bisa dimanfaatkan. Jangan bikin menara gading tapi nantinya terbengkalai. Seperti yang terjadi di venue Olimpiade Rio yang sudah enam bulan terbengkalai. Biaya tinggi untuk membangun, harus dirawat," tambahnya.

Pacuan kuda Pulomas direnovasi untuk keperluan Asian Games 2018.

Selain Jakarta, Palembang juga menjadi tempat berlangsungnya pertandingan di ajang Asian Games 2018. Rencananya akan ada 10 cabang olahraga yang dipertandingkan di sana.

Jika tak ada perubahan lagi, Asian Games 2018 akan mempertandingkan 42 cabang olahraga dan 484 nomor pertandingan. Indonesia sebagai tuan rumah pun diharapkan mampu menembus peringkat 10 besar pada ajang pesta olahraga terbesar di Asia tersebut.

"Iya sudah fix. Untuk urusan prestasi itu kan sudah dibahas di Kemenpora dan Satlak, kalau bisa 10 besar. Tapi ya target harus ada dan didapatkan," tutupnya.

Komentar