Donald Trump

Demi Jadi Tuan Rumah Olimpiade, Donald Trump Siap Ubah Kebijakan Politiknya

Jumat, 10 Maret 2017 21:21 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

Meski masih lama, International Olympic Committee (IOC) sebagai penanggung jawab ajang multi-event terbesar di dunia, Olimpiade sudah mulai mencari lokasi yang dapat menjadi tuan rumah Olimpiade 2024.

Saat ini, dua kota sudah terdaftar sebagai kandidat tuan rumah Olimpiade 2024. Kedua kota itu adalah Los Angeles (Amerika Serikat) dan Paris (Prancis).

Salah satu kotanya masuk sebagai kandidat terkuat tuan rumah Olimpiade 2024, Amerika pun berusaha keras untuk dapat dipilih oleh IOC. Sayangnya, ada satu kendala yang membuat mereka bisa jadi gagal menjadi tuan rumah, yakni kebijakan politik luar negerinya yang melarang masyarakat beberapa negara untuk mengunjungi Amerika.

Namun, hal tersebut nampaknya sebentar lagi tidak akan menjadi masalah. Pasalnya, Trump dikatakan akan mencabut kebijakan politiknya tersebut, bila Los Angeles terpilih menjadi tempat berlangsungnya Olimpiade 2024.

Los Angeles menjadi salah satu kandidat tuan rumah Olimpiade 2024.

Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua Komite Los Angeles 2024, Gene Sykes. Dalam keterangannya, Sykes menyebut Trump sangat menginginkan Olimpiade 2024 berlangsung di negaranya dan untuk itu ia siap mencabut larangan berkunjung sejumlah negara yang sudah ia buat.

Tidak hanya itu, Sykes juga menyatakan bahwa Trump siap memfasilitasi para atlet negara lain yang menjadi peserta Olimpiade untuk datang ke Amerika.

"Dia (Trump) sangat berambisi Olimpiade bisa berlangsung di Amerika. Saya berani katakan jika terdapat administrasi yang menyulitkan hal itu terjadi, ia akan membuat banyak pengecualian. Dia bahkan memberikan akomodasi kepada para atlet yang datang," tutur Sykes seperti dikutip dari Reuters.

Trump berjanji akan memfasilitasi atlet bila Los Angeles terpilih jadi tuan rumah Olimpiade 2024.

Sedikit informasi, pada awalnya terdapat tiga kota lainnya selain Los Angeles dan Paris yang juga turut mengikuti proses bidding tuan rumah Olimpiade 2024. Mereka adalah Budapest (Hungaria), Roma (Italia), dan Hamburg (Jerman).

Sayangnya dalam prosesnya, ketiga kota tersebut memutuskan mundur dari bursa calon tuan rumah Olimpiade 2024. Masalah finansial negara menjadi salah satu alasan utama ketiga kota tersebut membatalkan diri menjadi tuan rumah.